Deretan PTN yang Menyediakan Jalur Penerimaan Khusus Ketua OSIS

Kamis, 03 November 2022 - 12:55 WIB
loading...
Deretan PTN yang Menyediakan Jalur Penerimaan Khusus Ketua OSIS
Deretan PTN yang menyediakan jalur penerimaan khusus ketua OSIS bisa menjadi pilihan untuk lanjut kuliah. Foto/Ilustrasi/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Sederet perguruan tinggi negeri ( PTN ) yang menyediakan jalur khusus penerimaan khusus ketua OSIS bisa menjadi pilihan tersendiri untuk melanjutkan kuliah di kampus negeri di Indonesia.

PTN membuka sejumlah jalur penerimaan mahasiswa baru. Ada yang melalui jalur seleksi nasional melalui seleksi prestasi dan ada yang ujian tulis.

Salah satu jalur yang dibuka untuk menjaring mahasiswa unggul adalah jalur ketua OSIS. Bagi kamu yang pernah menjadi ketua OSIS di bangku SMA, ini peluang besarmu untuk masuk PTN yang kamu minati.

Masing-masing universitas memiliki persyaratan dan tata cara masing-masing untuk menerima mahasiswa baru dari jalur ketua OSIS ini.

Dikutip dari laman resmi masing-masing, berikut ini 5 PTN yang menyediakan jalur ketua OSIS pada 2022. Perlu diketahui juga bahwa proses ujian masuknya juga sudah rampung.

Baca juga: 5 Perguruan Tinggi Negeri yang Membuka Jalur Prestasi, Simak Daftarnya!

1. IPB University


IPB University membuka jalur ketua OSIS sejak 2019. Jalur ini dibuka di seleksi mandiri untuk mencari calon mahasiswa yang telah terbukti memiliki jiwa kepemimpinan sebagai ketua OSIS selama di SMA.

Jalur ini sekaligus mencari mahasiswa yang memiliki kemampuan akademik yang memadai untuk dididik di IPB menjadi calon pemimpin yang memiliki intelektual tinggi, atau intelektual yang memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat.

Pada 2022, jalur ketua OSIS dibuka pada 1 Februari hingga 31 Maret 2022. Dikutip dari laman IPB University, berikut ini persyaratannya.

1. Pernah menjadi ketua OSIS selama di SMA/MA, yang diperkuat dengan surat Kepala Sekolah bahwa pelamar adalah benar siswa di sekolahnya dan pernah menjadi ketua OSIS selama sekurangnya satu periode, dilengkapi dengan surat keputusan kepala Sekolah tentang pengangkatan pelamar sebagai ketua OSIS
2. Lulusan tahun 2022 jurusan IPA
3. Rataan nilai Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi selama 5 semester sekurangnya 80
4. Bersedia mendapatkan pelatihan kepemimpinan, kewirausahaan dan pelatihan lainnya.

2. Universitas Airlangga

Universitas Airlangga (Unair) memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa berprestasi untuk masuk di kampus terbaik kedua di Indonesia versi Times Higher Education World University Ranking (THE WUR 2023) ini melalui jalur Golden Ticket.

Dikutip dari laman Unair, ketua OSIS menjadi salah satu jenis golden ticket yang dibuka Unair selain juara lomba/olimpiade internasional yang diselenggarakan institusi terkemuka dan Hafidh/Hafidhah 30 Juz atau kitab suci agama dari sekolah umum dengan Akreditasi A di SNMPTN 2022.

Syaratnya ialah memilih Unair sebagai pilihan PTN pertama di SNMPTN 2022 dan terdaftar dan mengikuti Airlangga Education Expo (AEE) yang diselenggarakan PTN yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur ini.

Baca juga: 20 Jurusan Kuliah IPS dengan Peluang Kerja dan Gaji yang Mantap

3. Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta

UNS membuka jalur ketua OSIS di Seleksi Mandiri Jalur Kepemimpinan Muda (SM UNS-SMJKM) 2022. Jalur ini bertujuan menjaring calon mahasiswa lulusan SMA/MA/SMK atau sederajat paling lama tiga tahun terakhir yang pernah mengemban tugas sebagai Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dan Pramuka minimal satu periode.

Pendaftaran SMJKM UNS dilakukan secara online melalui laman https://spmb.uns.ac.id. Jadwal SPMB UNS dimulai dengan cetak kartu peserta pada 23 Mei-14 Juni 2022 dan pengumuman hasil seleksi pada 24 Juni 2022.

Dikutip dari laman SPMB UNS, berikut ini persyaratannya.

Persyaratan Peserta

Ketentuan Umum
1. Warga Negara Indonesia.
2. Lulusan SMA/MA/SMK atau yang sederajat paling lama tiga tahun terakhir.
3. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studi yang dipilih.
4. Mendaftarkan diri sebagai peserta Seleksi Mandiri Jalur Kepemimpinan Muda (SMJKM).

Persyaratan
1. Rapor mulai semester 1 (satu) sampai dengan 5 (lima), atau semester 1 (satu) sampai semester 7 (tujuh) bagi SMK 4 (empat) tahun, atau siswa akselerasi semester 1 sampai semester 4 (empat).

2. Pernah menjadi Ketua OSIS atau Ketua Umum Pramuka (Pradana/Pradani) selama menempuh pendidikan di SMA/MA atau yang sederajat yang dibuktikan dengan Surat keputusan dari Kepala Sekolah tentang susunan pengurus OSIS atau Surat Keputusan Dewan Ambalan tentang susunan pengurus Pramuka.

4. Universitas Negeri Surabaya (Unesa)

Unesa membuka jalur ketua OSIS di Jalur Prestasi Kepemimpinan pada tahun ini. Jalur ini ditujukan bagi peserta yang pernah menjadi ketua atau sekretaris OSIS. Calon mahasiswa nantinya bisa memilih salah satu program studi yang diminati.

Pendaftaran untuk Jalur Prestasi Unesa ini dibuka pada 29 Juni hingga 5 Juli 2022. Seleksinya pada 7 Juli 2022 dan 11 Juli 2022. Hasilnya diumumkan pada 13 Juli 2022.

Dikutip dari laman PMB Unesa, berikut ini persyaratannya.

1. Warga Negara Indonesia

2. Lulusan SMA/MA/SMK/Paket C atau sederajat tahun 2020, 2021 atau 2022 (dibuktikan dengan ijazah atau Surat Keterangan Lulus untuk lulusan tahun 2022);

3. Memiliki surat keputusan atau sertifikat kepemimpinan OSIS sebagai ketua/sekretaris dari kepala sekolah.

5. Universitas Hasanuddin (Unhas)

Unhas merupakan perguruan tinggi terbaik keenam di Indonesia versi THE WUR 2023 dengan peringkat 1.201-1.500 dunia. Unhas pun membuka jalur ketua OSIS untuk mahasiswa baru. Pendaftaran online untuk jalur ini dimulai pada Senin, 14 Februari 2022 hingga 5 Maret 2022. Sementara untuk proses pengumuman seleksi administrasi dilakukan pada 15 Maret 2022.

Dikutip dari laman Unhas, jalur mandiri program Pembinaan Bakat Kepemimpinan Bagi Ketua OSIS ini diperluas hingga ke kawasan Timur Indonesia. Untuk Sulawesi Selatan, jalur penerimaan ini telah berlangsung sejak 2019 lalu.

Rapor yang digunakan adalah semester satu sampai dengan semester lima bagi SMA/sederajat dengan masa belajar tiga tahun.
Pelamar/calon pendaftar adalah lulusan SMA/sederajat yang terakreditasi A di Sulawesi Selatan.

Persyaratan

1. SMA/Sederajat yang mempunyai NPSN
2. SMA/sederajat yang terakreditasi A di Sulawesi Selatan
3. Siswa memiliki NISN
4. Mendaftar secara online di laman PMB Unhas sesuai jadwal dengan mengunggah dokumen yang tercantum pada persyaratan dokumen.
5. Lolos verifikasi data serta memenuhi persyaratan lain yang ditentukan berdasarkan hasil tahap seleksi.

Demikian tadi lima PTN yang membuka jalur khusus penerimaan ketua OSIS pada 2022. Semoga informasi ini bermanfaat ya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0994 seconds (0.1#10.140)