Deretan PTN yang Membuka Kelas Internasional, Lulus Raih 2 Gelar Sekaligus

Kamis, 10 November 2022 - 10:36 WIB
loading...
Deretan PTN yang Membuka Kelas Internasional, Lulus Raih 2 Gelar Sekaligus
Berikut ini PTN yang membuka kelas internasional. Setelah lulus mahasiswanya bisa mendapat 2 gelar sekaligus. Foto/Dok/Kalbis Institute.
A A A
JAKARTA - Sejumlah Perguruan Tinggi Negeri ( PTN ) membuka program kelas internasional untuk jenjang sarjana. Program internasional ini cocok bagi kalian yang ingin kuliah di Indonesia tetapi juga ingin merasakan pengalaman studi di luar negeri.

Kelas internasional itu adalah program studi yang disediakan perguruan tinggi Indonesia yang telah menjalin kerja sama dengan mitra dari perguruan tinggi dari negara lain. Pada umumnya, mahasiswa akan belajar di Indonesia selama satu sampai dua tahun, kemudian lanjut studi di universitas asing mitra.

Ada sejumlah karakteristik yang membedakan kelas internasional dengan kelas reguler. Misalnya kelas internasional membutuhkan biaya yang lebih tinggi daripada kelas biasa. Kemudian juga menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dan skor TOEFL sebagai persyaratan pendaftaran.

Lalu apa saja keunggulan kelas internasional ini dibandingkan kelas kuliah reguler? Mahasiswa internasional itu biasanya lulus dengan menyandang dua gelar sekaligus; satu dari universitas di Indonesia dan satu lagi dari universitas asing.

Mahasiswa yang tergabung di kelas internasional juga mendapatkan kesempatan untuk belajar di luar negeri yang berarti bertemu dengan mahasiswa asing lainnya dan mempelajari budaya negara tersebut.

Dikutip dari laman Quipper, berikut ini PTN yang membuka kelas internasional yang perlu kalian ketahui.

Baca juga: Prof Arif Satria Kembali Terpilih Jadi Rektor IPB University

1. Universitas Indonesia (Akreditasi A)

Universitas Indonesia kini menawarkan program internasional bernama Kelas Khusus Internasional (KKI) untuk mahasiswa Indonesia dan mahasiswa asing. Ada dua pilihan dalam program ini. Pilihan yang pertama akan memungkinkan siswa untuk belajar dengan kurikulum internasional dan mendapatkan kesempatan untuk belajar atau magang selama satu hingga dua semester di universitas mitra.

Pilihan yang kedua adalah program dual degree, di mana mahasiswa akan lulus dengan dua gelar, yakni dari UI dan universitas mitranya.

Program Sarjana:

Teknik Sipil
Teknik Metalurgi dan Material
Teknik Mesin
Teknik Kimia
Teknik Elektro
Psikologi
Manajemen
Komunikasi
Kedokteran
Ilmu Komputer
Ekonomi
Arsitektur
Akuntansi.

Beberapa universitas yang menjadi mitra UI adalah Melbourne University, Monash University, Adelaide University, University of Amsterdam, dan masih banyak lagi.

2. Universitas Gadjah Mada (Akreditasi A)

Universitas Gadjah Mada (UGM) berlokasi di Yogyakarta dan merupakan salah satu universitas tertua di Indonesia. UGM kini membuka program kelas internasional untuk mahasiswa Indonesia maupun mahasiswa asing. Mereka yang masuk kelas internasional dapat memperoleh gelar ganda dari UGM dan universitas mitranya.

Program Sarjana:

Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Fakultas Hukum
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Fakultas Kedokteran
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Beberapa universitas mitra International Undergraduate Program UGM adalah University of Hull (UK), Victoria University of Wellington (Selandia Baru), Maastricht University School of Law (Belanda), Melbourne University (Australia), dan masih banyak lagi.

3. Institut Teknologi Bandung (Akreditasi A)

Institut Teknologi Bandung (ITB) dianggap sebagai institut teknologi terbaik di Indonesia. Oleh karena itu, tidak heran jika ITB menawarkan program internasional untuk mahasiswanya. Program ini menawarkan kegiatan dengan mobilitas internasional bersama universitas mitra di luar negeri, baik melalui program double degree (gelar ganda) atau melalui program exchange (pertukaran) selama satu atau dua semester.

Program Sarjana:

Ilmu dan Teknologi Farmasi
Teknik Lingkungan
Teknik Kimia
Teknik Mesin
Teknik Dirgantara
Manajemen
Beberapa universitas mitra asing ITB adalah University of Groningen (Belanda), National University of Singapore (Singapura), The University of Iowa (Amerika Serikat), University of Birmingham (UK), Lund University (Swedia), dan masih banyak lagi.

4. Universitas Airlangga (Akreditasi A)

Universitas Airlangga yang berlokasi di Surabaya, Jawa Timur, juga menawarkan program internasional yang terbuka untuk pelajar Indonesia dan asing. Kurikulum yang digunakan untuk program ini dikembangkan berdasarkan standar internasional dan juga mengakomodasi isu-isu global. Mahasiswa akan mendapatkan dua gelar dari Universitas Airlangga dan universitas mitra di luar negeri.

Baca juga: Binus University Raih Penghargaan Recognition of Improvement di QS Award Ceremony 2022

Program Sarjana antara lain:

Kedokteran
Kedokteran gigi
Pendidikan Apoteker
Kedokteran Hewan
Psikologi
Beberapa universitas yang menjadi mitra Universitas Airlangga adalah The University of Western Australia, Queensland University of Technology (Australia), Asia University (Taiwan), Seoul National University (Korea Selatan), Kyungpook National University (Korea Selatan), The University of Rhode Island (Amerika Serikat), dan banyak lagi.

5. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (Akreditasi A)

Pada tahun 2019, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) memiliki 20 Program Sarjana Internasional untuk mahasiswa Indonesia dan mahasiswa asing. Program ini menawarkan kurikulum sarjana reguler dan memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengambil bagian dalam kegiatan internasional, termasuk mendapatkan gelar ganda dari program Joint Degree.

Program Sarjana:

Teknik Mesin
Teknik Kimia
Teknik Fisika
Teknik Sistem dan Industri
Teknik Material
Teknik Elektro
Teknik Sipil
Teknik Lingkungan
Teknik Geomatika
Teknik Geofisika
Perencanaan Wilayah dan Kota
Arsitektur
Statistik
Informatika
Sistem Informasi
Fisika
Matematika
Kimia
Manajemen Bisnis
Beberapa universitas mitra ITS adalah Nanyang Technological University (Taiwan), Universiti Teknologi Malaysia, Beijing Institute of Technology (China), Queensland University of Technology (Australia), dan masih banyak lagi.

6. IPB University (Akreditasi A)

Pada tahun 2018, Institut Pertanian Bogor (IPB) membuka kelas internasional untuk beberapa program studi. Kapasitas program internasional di IPB terbatas, masing-masing hanya untuk 25 sampai 30 mahasiswa. Hal ini akan memungkinkan siswa untuk belajar lebih fokus mengingat kelas diajarkan dalam bahasa Inggris.

Program Sarjana:

Kedokteran Hewan
Teknologi Pangan
Teknologi Industri Pertanian
Bisnis

7. Universitas Diponegoro (Akreditasi A)

Universitas Diponegoro (Undip) meluncurkan International Undergraduate Program (IUP) pada tahun 2018. Semua perkuliahan diajarkan sepenuhnya dalam bahasa Inggris. Program ini dirancang untuk mencetak lulusan yang kompetitif secara global dan memiliki peluang seluas mungkin dalam berkarier.

Program Sarjana antara lain:

Akuntansi
Biologi
Manajemen
Ekonomi
Ilmu Komunikasi
Kimia

8. Universitas Negeri Yogyakarta (Akreditasi A)

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menawarkan program sarjana internasional untuk mahasiswa Indonesia dan mahasiswa asing. Beberapa program yang ditawarkan seperti Bilingual Courses, Joint Degree, dan Dual Degree. Program Dual Degree memungkinkan mahasiswa untuk mendapatkan dua gelar sekaligus, sedangkan melalui program Joint Degree, mahasiswa bisa belajar di luar negeri dalam jangka waktu tertentu dan memperoleh satu gelar.

Program Sarjana:

Pendidikan
Bahasa dan Seni
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Ilmu Sosial
Teknik
Ilmu Olahraga
Ekonomi
Rekayasa
Ekonomi
Program Dual Degree di UNY bermitra dengan Institute of Network Learning Technology, National Central University, Taiwan.

9. Universitas Lampung (Akreditasi A)

Universitas Lampung (Unila) menawarkan kelas internasional di Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Mahasiswa dapat mengikuti program pertukaran dengan universitas mitra di Jepang, Malaysia, Inggris, Amerika Serikat, dan Eropa.

Program Sarjana:

Manajemen
Akuntansi
Ekonomi Pembangunan.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5024 seconds (0.1#10.140)