Mendikbudristek Tutup FeLSI 2022, Ini Nama-nama Pemenangnya

Jum'at, 11 November 2022 - 11:18 WIB
loading...
A A A
Dalam kesempatan yang sama, Ketua pelaksana FeLSI 2022, Keri Darwindo dalam laporannya menjelaskan festival ini merupakan salah satu wadah pengembangan ajang talenta di bidang seni, bahasa, dan literasi yang diikuti oleh peserta didik jenjang SMA, MA, dan SMK.

FeLSI 2022 ini merupakan pengembangan dari lomba jurnalistik pada tahun 2020 dan dilaksanakan untuk kedua kalinya. Festival yang dilaksanakan secara daring ini digelar pada 7 hingga 11 November dengan tema ‘Pulih Bersama, Bangkit Perkasa’.

FeLSI 2022 melombakan tiga cabang lomba yaitu lomba jurnalistik, fotografi, dan cerita pendek. Seleksi FeLSI ini dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu seleksi tahap I untuk memilih finalis dan seleksi II melalui presentasi dan wawancara.

Jumlah siswa yang mendaftar pada FeLSI 2022 sebanyak 4.051 siswa/karya, dengan rincian 719 karya jurnalistik, 410 karya fotografi, dan 1.751 karya cerpen. Dari karya-karya tersebut telah terpilih masing-masing 25 karya untuk mengikuti tahap final/seleksi puncak. Peserta yang berpartisipasi pada kegiatan FeLSI 2022 berasal dari 54 SMA, 7 MA, dan 6 SMK dari 23 provinsi dan 54 kabupaten/kota.

Para peraih medali pada FeLSI 2022 akan diberikan berbagai apresiasi di antaranya fasilitasi belajar dengan mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan program Beasiswa Indonesia Maju, yaitu beasiswa untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi baik luar negeri maupun dalam negeri.

Pemenang Lomba FeLSI 2022

Berikut adalah daftar pemenang Festival Literasi Siswa Indonesia 2022. Untuk kategori lomba jurnalistik, medali emas diraih oleh Mohamad Adibta Alvinto Sunika dari SMA Pradita Dirgantara, Jawa Tengah dengan karyanya berjudul “Sumbangsih Mas Akbar: Sosok Diffabel yang Memberdayakan Penyandang Disabilitas”.

Selanjutnya, peraih medali perak adalah Nasywa Hariandi dari SMAN 1 Tapaktuan, Aceh, dengan judul karyanya adalah “Pelangi Asah di Ujung Sungai Alue Keujrun”. Sementara itu, medali perunggu diraih oleh Putra Nurcahyadi dari SMK Negeri 2 Koba, Kepulauan Bangka Belitung, dengan judul karya “Sang Pelindung Endemik di Tanah Berpolemik”.

Untuk kategori lomba cerita pendek, medali emas diraih oleh Nadia Fatha Rosyida dari SMAN 8 Yogyakarta, dengan judul karya “Orang-orang yang Menari di Fifth Avenue”. Medali perak diraih oleh Emayana Tuntas Dana dari SMAN 1 Wonosari, D.I. Yogyakarta dengan judul karyanya adalah “Alkisah Sinta Menentang Rama”. Sementara itu, medali perunggu diraih oleh Friska Dwi Putri dari SMAN 1 Lubuk Sikaping, Sumatra Barat, dengan judul karyanya adalah “Tolak Bala”.

Pada kategori lomba fotografi, peraih medali emas adalah Muhammad Wildan Roikhan dari SMA Swasta IT Ihsanul Fikri Mungkid, Jawa Tengah, dengan judul karya “Indonesa Maju, Takkan Sirna Budayaku”. Medali perak diraih oleh Sulthan Valdi dari SMA Negeri Modal Bangsa Aceh, dengan judul karyanya adalah ”Indonesia di Tahun 2045”. Sementara itu medali perunggu diraih oleh Auliya Shandrina Nabilah dari SMAN 1 Slawi, Jawa Tengah dengan judul karya “Tegal In The Future”.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2733 seconds (0.1#10.140)