Ridwan Kamil Janjikan 2 Universitas Terbaik Dunia Bakal Hadir di Bandung

Selasa, 15 November 2022 - 16:03 WIB
loading...
A A A
Kang Emil pun memastikan bahwa pihaknya siap membantu pendirian kampus kedua universitas tersebut, seperti membantu proses perizinan kepada Pemerintah Pusat.

"Tugas saya sebagai Gubernur Jawa Barat memastikan proses-proses berlangsung dengan lancar karena membuka universitas asing global di Indonesia ini baru. Baru diizinkan setelah omnibus law, setelah UU Cipta Kerja, sebelumnya belum memungkinkan," terangnya seraya berharap, proses perizinan segera rampung.

Dia juga menuturkan, kedua universitas dari negara anggota G20 tersebut mengapresiasi kinerja Pemerintah Pusat yang dinilai profesional dalam menyikapi rencana pendirian kampus di Bandung itu.

"Kami membantu beliau-beliau ini memproses izin secara resmi di Kemendikbud, sedang berproses. Mereka mengapresiasi profesionalisme dari Kemendikbud, urutannya jelas. Mereka sedang submit. Nanti seiring perizinan dari Kemendikbud (selesai), maka pembukaan kampus mereka di Bandung bisa segera dieksekusi dengan sebaik-baiknya," jelasnya.

Ditambahkan Kang Emil, pertemuannya dengan kedua perwakilan universitas merupakan bukti konkret bahwa ada komitmen-komitmen yang hadir dalam penyelenggaraan KTT G20.

"Ini adalah salah satu berita konkret di momen G20 yang datang dari dua negara yang dua-duanya anggota G20. Berinvestasi di negara G20 yaitu Indonesia dan melakukan investasinya paling mahal yaitu investasi pembangunan sumber daya manusia," tandasnya.

Sementara itu, Pro Vice Chancellor Deakin University, John Molony menuturkan bahwa pemilihan Jabar sebagai lokasi pendirian kampusnya karena Jabar menjadi lokomotif ekonomi di Indonesia.

"Jadi Deakin dan Lancaster sudah bekerja cukup lama. Kami melakukan pencarian secara global saat memutuskan untuk membangun kampus internasional. Semua (hasil) mengarah ke Indonesia dan dengan segera mengarah ke Bandung. Kami menyadari bahwa di Indonesia, Bandung ada di provinsi yang besar, Jawa Barat yang merupakan roda ekonomi di Indonesia," tuturnya.

Hal senada juga dikatakan Simon Guy, Pro Vice Chancellor Lancaster University terkait kerja sama tersebut. Menurutnya, Bandung memiliki manajemen pendidikan yang sudah sistematis.

"Saya pikir ini sangat penting bagi kami dan banyak sekali yang bertanya mengapa Bandung? Salah satunya karena Bandung sudah punya sistem universitas yang mapan dan itu menarik bagi kami," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3009 seconds (0.1#10.140)