Lepas 293 Wisudawan Poltekpar, Sandiaga: Wujudkan Target Penciptaan 1,1 Juta Lapangan Kerja

Jum'at, 18 November 2022 - 15:23 WIB
loading...
Lepas 293 Wisudawan Poltekpar, Sandiaga: Wujudkan Target Penciptaan 1,1 Juta Lapangan Kerja
Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno mewisuda 239 lulusan Poltekpar Lombok di Gedung VVIP Delux Mandalika International Street Circuit, NTB, Jumat (18/11/2022). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ( Menparekraf ) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno mewisuda 239 lulusan Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Lombok di Gedung VVIP Delux Mandalika International Street Circuit, NTB, Jumat (18/11/2022).

Dalam kesempatan tersebut, dirinya menyampaikan selamat kepada para wisudawan dan wisudawati yang telah sukses menyelesaikan pendidikan.

Baca juga: Dosen Universitas Syiah Kuala Banda Aceh Keluhkan Bau Badan Mahasiswanya, Suratnya Viral di Medsos

Namun, Sandiaga Uno menegaskan tugas dan kewajiban mereka belum usai.

Para lulusan diharapkannya dapat mendorong kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif nasional, khususnya NTB.

"Hari ini kita berkesempatan melepas masa depan pariwisata dan ekonomi kreatif dari Poltekpar Lombok, atas dukungan Bapak Gubernur terus mendorong event-event berkelas dunia dan pariwisata sekarang sudah mulai bangkit," ungkap Sandiaga Uno.

Baca juga: Ini 5 Fakta Menarik Alasan di Balik Syarat Masuk SD 7 Tahun

"Saya baru menerimanya proposal dari Pak Gubernur untuk menggagas beberapa event tingkat nasional dan internasional tahun ini, dan tahun depan akan ada MX GP yang rencananya akan dilaksanakan di dua lokasi, yaitu Samota dan Lombok," tambahnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, dirinya berharap kepada para lulusan wisudawan terbaik untuk memberikan dukungan kepada kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif di Lombok.

Tujuannya untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, mensejahterakan komunitas-komunitas yang selama ini terdampak pandemi serta membuka lapangan kerja seluas-luasnya.

"Mereka adalah mahasiswa-mahasiswa terbaik kita, wisudawan-wisudawan yang memiliki potensi, bukan hanya memasuki industri pariwisata, tetapi mereka juga memiliki esensi untuk menciptakan lapangan kerja dengan menjadi pengusaha, menjadi pembuka lapangan kerja," jelas Sandiaga Uno.

"Targetnya lapangan kerja baru 1,1 juta tahun ini dan tahun 2024 ada 4,4 juta lapangan kerja baru dan berkualitas," tambahnya.

Sandiaga Uno optimistis target tersebut dapat tercapai. Sebab, merujuk survei Kemenparekraf, sebanyak 70 persen para lulusan politeknik di bawah lingkungan Kemenparekraf sudah mendapatkan pekerjaan, sedangkan 30 persen ingin memulai usahanya sendirinya.

"Jadi ini adalah sebuah institusi pendidikan yang bukan menambah jumlah pengangguran, tapi justru mengatasi dan memberikan solusi untuk mengurangi pengangguran," jelasnya.

"Dan mereka-mereka ini lah garda-garda terdepan, dan kami yakin di NTB mereka juga akan menampilkan sisi terbaik dari lulusan-lulusan Poltekpar se-Indonesia yang kita harapkan akan mampu menciptakan peluang usaha dan membuka lapangan kerja," tuturnya.

Hal senada disampaikan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Zulkieflimansyah. Perubahan besar, katanya, kian terjadi di NTB saat ini.

Sirkuit Mandalika yang menjadi lokasi wisuda katanya menjadi saksi sejarah atas perubahan yang tak terlihat secara kasat mata.

Perubahan tersebut seperti yang terlihat dari World Superbike.

Sumber Daya Manusia (SDM) yang semula diisi oleh orang asing kini diungkapkannya telah beralih kepada lulusan Poltekpar Lombok.

Begitu juga dengan sejumlah event balap berkelas internasional lainnya.

"Nah ini baru satu event, bayangkan kalau tahun depan dengan bantuan Pak Menteri dan teman-teman Kementerian kita akan menjadi tuan rumah berbagai event internasional hampir setiap bulan," jelas Zulkieflimansyah.

"Oleh karena itu temen-temen (wisudawan) bukan hanya siap untuk bekerja, tetapi meningkatkan standar pelayanan di Nusa Tenggara Barat. Jadi bukan hanya mencari kerja, tapi meningkatkan servis menjadi lebih baik," harapnya.
(mpw)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2769 seconds (11.210#12.26)