Ditjen Kebudayaan Gelar Pameran dan Festival Kopi di Museum Nasional

Minggu, 20 November 2022 - 08:21 WIB
loading...
Ditjen Kebudayaan Gelar Pameran dan Festival Kopi di Museum Nasional
Ditjen Kebudayaan Kemendikbudristek menggelar pameran dan festival Kopi Togetherness di Museum Nasional mulai 19 November-18 Desember 2022. Foto/Kemendikbudristek.
A A A
JAKARTA - Setelah sebelumnya mengeksplorasi Jalur Rempah, Ditjen Kebudayaan Kemendikbudristek menyelenggarakan Pameran dan Festival ‘ Kopi Togetherness’, yang juga menjadi kick-off dari kerja sama bilateral Indonesia dan Qatar. Pameran ini digelar mulai hari ini, Sabtu (19/11/2022) hingga 18 Desember 2022 di Museum Nasional.

Sepanjang tahun 2023, Indonesia menjadi negara mitra penyelenggaraan Qatar Year of Culture. Dalam perhelatan tersebut, Indonesia dan Qatar akan saling mempromosikan kekayaan budaya masing-masing negara. Berbagai kekayaan budaya Indonesia akan dipamerkan di Qatar dan sebaliknya kekayaan budaya Qatar akan dipamerkan di berbagai event kebudayaan di Indonesia. Kedua negara sepakat mengangkat kopi sebagai tema besar.

Baca juga: Tunjangan Profesi Guru PAI Non-PNS dan Kekurangan Tukin Guru Segera Cair

Budaya Kopi di Indonesia akan dipamerkan selama enam bulan di Museum Nasional Qatar, dengan berbagai event penyerta. Sedangkan di Indonesia mulai dari 19 November sampai 18 Desember 2022, Area Sunken Museum Nasional Indonesia akan menjadi lokasi Pameran “Kopi Togetherness” yang menghadirkan serangkaian program publik yang menawarkan pengetahuan, rekreasi dan selebrasi kopi nusantara bersama jejaring komunitas produsen, penggiat dan penggemar kopi dengan menggali berbagai hubungan antara masyarakat Indonesia dengan kopi.

“Kopi sebenarnya media diplomasi, media untuk mencairkan suasana, melalui pameran ini, para penikmat dan penggiat kopi dapat berinteraksi dengan disiplin ilmu lain seperti pemerhati lingkungan, kuliner dan gaya hidup serta berbagi pandangan untuk meningkatkan apresiasi terhadap kopi Indonesia dari hulu hingga hilir, lebih dari itu,” jelas Hilmar, dalam keterangannya, Sabtu (19/11/2022).

Ditambahkan Hilmar, tanaman kopi di Indonesia juga memiliki fungsi sebagai penghasil oksigen juga berperan dakam menjaga lingkungan dengan proses pertanian yang berkelanjutan, sehingga kopi bagi Hilmar bukan hanya sebagai komoditas belaka. Selain itu, melalui pameran ini juga diharapkan dapat mengangkat harkat dan martabat petani kopi dan seluruh penggiat kopi yang menggantungkan hidupnya dari kopi.

Baca juga: TNI AU Buka Pendaftaran Calon Tamtama, Lulusan SMP Boleh Daftar

Pameran ‘Kopi Togetherness’ dibagi 5 subtema: Kopi Bumi, Kultur Kopi, Kopi Kini, Kopi Kita, dan Kopi Merdeka. Kopi Bumi mengangkat relasi Kopi sebagai sumber daya agrikultural yang memberi sumbangsih dan keberlanjutan pada lingkungan dan beragam upaya masyarakat dan komunitas untuk memberdayakannya. Kultur Kopi mengangkat berbagai aspek kebudayaan, sejarah dan kearifan lokal yang diciptakan di berbagai pelosok nusantara. Kopi Kita dan Kopi Kini menghadirkan berbagai narasi keseharian, kreativitas, dan kehidupan sosial yang terhubung oleh skena kopi Indonesia.

Ke-empat subtema ini dihadirkan dalam rangkaian karya instalasi oleh 6 komunitas/kolektif seniman yang diundang khusus untuk merespon tema ‘Kopi Togetherness’, yaitu: duo musisi elektronik Bottlesmoker, komunitas graffiti dan street art Mahavisual (featuring Stereoflow, Alphabad.xyz, Popo Mangu, Yessiow, dan Gardu House), kolektif arsitektur Ugahari, jejaring penggambar (sketchers) nusantara Indonesia Sketchers, jejaring aktivis kopi Komunitas Jenama Kopi (featuring Smesta, Popsiklus, Gunagoni, Debbybyday, Koleksi Karta, Craft Denim, Seniman), dan kelompok perupa dan seni pertunjukan Paguyuban Gegerboyo.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2581 seconds (0.1#10.140)