Madrasah Robotic Competition 2022 Resmi Ditutup, Ini Daftar 9 Madrasah Peraih Juara

Kamis, 24 November 2022 - 18:09 WIB
loading...
A A A
"Mudah-mudahan bisa diproduksi secara masif dan akhirnya robot ini dapat mempermudah kehidupan kita," lanjutnya.

Pada acara penutupan tersebut, para pemenang dari 3 kategori dan 3 jenjang diumumkan. Isom mengatakan, kemenangan yang sesungguhnya adalah datang bertanding dengan jiwa besar demi kemajuan madrasah.

"Kegagalan merupakan awal dari kesuksesan yang harus terus dilatih dan diasah serta diasuh sampai menemukan keberhasilan dan kesuksesan yang berasal dari inovasi yang dilakukan oleh siswa madrasah," katanya.

"Dan, bagi yang sukses meraih juara, hal itu harus disyukuri," tambahnya. Para juara akan membawa pulang tropi penghargaan, peralatan robotik, dan uang pembinaan dengan jumlah total Rp250 juta.

Pada tahun ini, kompetisi robotik digelar selama dua hari, pada 22-23 November 2022, dengan mengambil tema "The Next Generation of Robots: Making Better Life".

Gelaran ini menampilkan 180 robot dari 180 madrasah se-Indonesia dari 3 jenjang, yaitu Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, dan Madrasah Aliyah, dengan total jumlah peserta mencapai 360 orang.

Mereka memperebutkan hadiah berupa medali, sertifikat, peralatan robotika, dan uang pembinaan berjumlah total Rp240 juta.

Kompetisi dibagi dalam 3 kategori yaitu robot inovasi, robot battle, dan robot mobile. Robot-robot itu juga terbagi dalam tiga sub tema, yaitu robot for school, robot for household, dan robot for environment.

Setiap tim yang bertanding terdiri dari 2 siswa dan 1 guru mentor/pendamping. Mereka harus menampilkan robot yang sepenuhnya mengandalkan teknologi otomasi, bukan kendali remote control, wifi, atau operasi manusia lainnya. Selama lomba berjalan, mentor tidak diperbolehkan terlibat dalam perbaikan atau pemrograman robot.

Berikut para juara Madrasah Robotic Competition 2022 di tiap kategori:
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2055 seconds (11.252#12.26)