Lulusan Jurusan Sastra Mau Jadi Apa? Berikut Prospek Kerjanya

Selasa, 29 November 2022 - 17:59 WIB
loading...
Lulusan Jurusan Sastra Mau Jadi Apa? Berikut Prospek Kerjanya
Berikut peluang kerja jurusan sastra yang bisa bekerja di instansi pemerintahan maupun swasta di dalam dan luar negeri. Foto/Ilustrasi/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Prospek kerja lulusan jurusan sastra berikut ini bisa menjadi gambaran bahwa jurusan sastra memiliki peluang kerja menjanjikan dan cerah. Lulusannya tidak hanya bisa menjadi penerjemah namun menekuni bidang lain di instansi pemerintah maupun swasta.

Mempelajari sastra di bangku kuliah akan memperluas cakrawala pengetahuanmu. Mahasiswa tidak hanya akan mempelajari kemampuan dasar berbahasa namun juga gejala kebahasaan ataupun filologi sehingga lulusannya memiliki kompetensi tinggi dan bisa berkiprah di dunia kerja secara luas.

Jurusan sastra banyak tersedia di perguruan tinggi negeri dan swasta. Bahkan di PTN, baik itu di jalur SNMPTN dan juga SBMPTN jumlah peminatnya tidak sebanding dengan daya tampung yang disediakan di kampus.

Salah satu PTN yang menyediakan jurusan sastra adalah Universitas Padjadjaran (Unpad). Unpad memiliki Fakultas Ilmu Budaya yang menyediakan program studi S1 Sastra Indonesia, Sastra Sunda, Sastra Inggris, Sastra Prancis, Sastra Jepang, Sastra Rusia, Sastra Jerman, dan Sastra Arab.

Baca juga: 21 Jurusan Kuliah yang Cocok Bagi Penyuka Matematika

Peluang Kerja Lulusan Jurusan Sastra

Bagi kalian yang menyukai bidang bahasa, memiliki minat baca tinggi, dan suka menulis literatur yang tinggi maka jurusan sastra bisa menjadi pilihan. Mengenai bagaimana prospek kerjanya, jangan khawatir karena lulusannya memiliki peluang kerja luas di berbagai bidang.

Sebagai gambaran, berikut ini peluang kerja lulusan jurusan Sastra di Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unpad seperti yang dikutip dari laman resmi Unpad.

1. Sastra Indonesia

Ribuan alumni Sastra Indonesia Unpad telah tersebar dalam keragaman bidang kerja di berbagai instansi, baik pemerintah maupun swasta, dengan posisi yang baik. Kompetensi kerja alumni Sastra Indonesia sangat luas.

Mulai dari menjadi guru dan dosen, pengajar bahasa Indonesia sebagai media diplomasi di berbagai universitas di dunia. Alumni juga banyak tersebar di media massa, di antaranya menjadi wartawan, penulis artikel, hingga editor.

2. Sastra Sunda

Rata-rata waktu tunggu lulusan Sastra Sunda Unpad untuk memperoleh pekerjaan adalah 6 bulan. Sebanyak 85% lulusan prodi Sastra Sunda Unpad bekerja di bidang yang sesuai dengan kompetensi yang diajarkan selama perkuliahan.

Meliputi peneliti kebahasaan, sastra, dan pernaskahan di Dinas Pendidikan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Balai Bahasa, Pusat Bahasa, museum, hingga perpustakaan. Di samping itu, profesi pengajar juga kini banyak diminati oleh lulusannya.

Bidang lain yang ditekuni adalah presenter dan pembawa acara, baik di stasiun TV, radio, maupun instansi pemerintahan. Kini, sebagian alumni banyak yang berkarier di perbankan. Hal ini karena banyak bank yang memiliki nasabah berbahasa Sunda sehingga pelayanan bank menggunakan bahasa Sunda pun diperlukan.

3. Sastra Inggris

Sastra Inggris di Unpad pada SNMPTN 2021 peminatnya mencapai 989 orang dan termasuk salah satu yang tertinggi. Lulusannya banyak diserap di berbagai lembaga pemerintah maupun swasta.

Baca juga: Kuliah di Belanda, Beasiswa Orange Tulip Scholarship Telah Dibuka

Bidang pekerjaan yang dipilih alumninya seperti Languange Assistant sebagai copywriter, translator, interpreter; bidang Jurnalistik sebagai editor dan wartawan dengan kemampuan menulis maupun berbicara; hingga bidang pengajaran seperti pengajara bahasa Inggris di bidang formal maupun nonformal. Bidang strategis lainnya yang bisa digeluti adalah staf di instansi pemerintahan dan pelaku usaha.

4. Sastra Prancis

Lulusan program studi Sastra Prancis Unpad telah banyak yang berkecimpung di sektor profesional pada perusahaan dalam dan luar negeri. Mereka bekerja sebagai pegawai di institusi Prancis, menjadi penerjemah, hingga agen pariwisata.

5. Sastra Jepang

Program studi Bahasa dan Budaya Jepang di FIB Unpad berdiri pada 1963 dan menjadi prodi kesusastraan Jepang pertama yang berdiri di Indonesia.

Lulusannya bisa bekerja di instansi pemerintah seperti staf Kemenlu, Kemenhan, Kemenpar, Kemenkeu, Kememkumham, hingga Disperindag. Kemudian menjadi pemandu wisata dan bekerja di perhotelan ataupun memilih menjadi penerjemah lisan/tulisan, pewara, pengusaha, jurnalis atau editor.

6. Sastra Rusia

Sejak didirikan sampai sekarang, ratusan alumni tersebar dalam keragaman bidang kerja di berbagai instansi, baik pemerintah maupun swasta, yaitu TNI, diplomat negara-negara kawasan Rusia. Alumni juga tersebar menjadi reporter, penulis berita, dan editor di media massa cetak, elektronik, maupun dalam jaringan. Sebagian lainnya menjadi wirausahawan.

7. Sastra Jerman

Program studi Sastra Jerman FIB Unpad berada di kampus Jatinangor. Prodi ini telah terakreditasi A oleh BAN-PT yang memiliki dua penjurusan yakni linguistik dan sastra.

Para alumni jurusan Sastra Jerman Unpad banyak yang menjadi penutur bahasa Jerman, terutama di instansi kejermanan, ahli bahasa, sastra, budaya, dan penerjemahan dan juga wirausahawan di bidang pariwisata.

8. Sastra Arab

Hingga saat ini lulusan Prodi Sastra Arab Unpad terserap dalam berbagai lapangan pekerjaan yang membutuhkan keahlian bidang bahasa, sastra, dan budaya Arab. Antara lain sebagai peneliti, penerjemah, tour guide, travel dan biro perjalanan wisata, staf kedutaan, staf kementerian, staf museum, pengajar (guru) bahasa Arab di sekolah atau madrasah serta lembaga bahasa, ahli dan praktisi naskah kuno berbahasa Arab, praktisi kaligrafi, hingga konsultan budaya dan kajian Islam.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2406 seconds (0.1#10.140)