Rancang Robot Tak Berawak Bawah Air, UI Juarai Kompetisi KKCTBN 2022

Selasa, 06 Desember 2022 - 17:31 WIB
loading...
Rancang Robot Tak Berawak Bawah Air, UI Juarai Kompetisi KKCTBN 2022
Tim AMV UI meraih Juara 2 pada Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) 2022 yang digelar Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Pusat Prestasi Nasional, Kemendikbudristek). Foto/Dok/UI
A A A
JAKARTA - Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) berinovasi merancang robot tak berawak (nirawak) atau autonomous underwater vehicle yang diberi nama Makara Perry.

Berkat inovasi tersebut, Tim Autonomous Marine Vehicle (AMV) UI berhasil meraih Juara 2 pada Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) 2022.



Kompetisi ini diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Pusat Prestasi Nasional, Kemendikbudristek) pada 11–15 November 2022.

Pada kompetisi tersebut, Tim AMV UI bertanding pada kategori Performa dan Prototipe Kapal Autonomous Semi Submarine Drone.

Makara Perry mengintegrasikan beberapa komponen, elemen depth sensor misalnya berfungsi agar robot dapat mengetahui kedalaman dari kolam atau medannya.



Lalu, computer vision yang merupakan kamera berjenis Razer Kiyo X berfungsi sebagai input gambar untuk AUV dengan resolusi dan frame rate yang tinggi, sehingga AUV dapat melakukan image processing.

“Selain itu, kami juga mengintegrasikan computing device jenis Nvidia Jetson Xavier NX, mini komputer dengan waktu proses yang cepat yang memungkinkan AUV Makara Perry melakukan tugas-tugas seperti image processing, object recognition, dan data aggregation secara parallel,” ujar Valerie Olive Suryono salah seorang anggota Tim SMV UI (Tenik Elektro 2020).

“Konfigurasi thruster yang digunakan adalah empat thruster vertikal yang disusun sedemikian rupa untuk membantu ASSD melakukan heave and roll, sedangkan untuk bidang horizontal, ASSD menggunakan pendorong dan kemudi untuk melakukan gerakan surge dan yaw. Dengan demikian, drone dapat bermanuver pada lima derajat kebebasan,” tambahnya.

Komponen-komponen tersebut ditempatkan pada dua enclosure kedap air berbahan dasar akrilik. Enclosure Makara Perry didesain secara khusus untuk mengakomodasi komponen-komponen elektrik yang ada pada AUV rancangan tim AMV UI.

Pengerjaan dilakukan dengan bantuan dari para alumni, mentor, dan juga dosen pembimbing AMV UI, Dr. Eng. Muhammad Arif Budiyanto, S.T., M.T., dan Dr. Gerry Liston Putra, S.T., M.T., yang keduanya merupakan dosen Program Studi Teknik Perkapalan Fakultas Teknik (FT) UI.

Tim AMV UI terdiri dari 18 anggota lainnya, yaitu Valerie (Tenik Elektro 2020), Abu Bakar Aakif Muhammad (Teknik Elektro 2020), Felix Yaman Kusuma (Teknik Elektro 2020), Gemilang Bagas Ramadhani (Teknik Komputer 2020), Glene Felix (Ilmu Aktuaria 2020), Mahardika Adhi Prabowo (Teknik Elektro 2020),

Lainnya, Muhammad Gavin Dirgantara (Teknik Elektro 2020), Rizky Rivaldi (Teknik Elektro 2020), Virdian Harun Prayoga (Ilmu Komputer 2020), Althaf Nafi Anwar (Teknik Komputer 2021), Bhamakerti Mohammad Aydan (Teknik Mesin 2021), Hafizhuddin Rasyid (Teknik Elektro 2021).

Muhammad Daffa Nafis Shafwan (Teknik Perkapalan 2021), Rahmat Bryan Naufal (Ilmu Komputer 2021), Salman Hadi (Teknik Industri), Steffi Natalie Paliyama (Teknik Elektro 2021), Umar Maulana (Teknik Elektro 2021), dan Zaki Ananda (Teknik Komputer 2021).

Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU., menyampaikan apresiasi terhadap rancangan Makara Perry. “Rancangan robot dengan desain AUV ini menjadi bukti bahwa mahasiswa UI dapat menginovasikan inovasi teknologi desain, pembuatan prototipe, dan performa prototipe di bidang teknologi perkapalan dan maritim. Capaian yang telah diraih AMV UI di kancah Nasional ini pun membuktikan bahwa mahasiswa FTUI adalah mahasiswa yang Unggul dan Berdampak,” ujar Prof. Heri.

KKCTBN 2022 merupakan salah satu agenda lomba inovasi teknologi desain, pembuatan prototipe, dan performa prototipe di bidang teknologi perkapalan dan maritim. Ajang ini merupakan kompetisi bagi mahasiswa-mahasiswa Indonesia yang diselenggarakan setiap tahun. Pada tahun ini, KKCTBN diselenggarakan pada September–November 2022 dan rangkaian lomba tahap akhir diadakan pada 11–15 November 2022.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1527 seconds (0.1#10.140)