Besaran Uang Kuliah 10 Universitas Negeri Terbaik di Indonesia dari UI, UGM, hingga ITB

Rabu, 07 Desember 2022 - 17:17 WIB
loading...
Besaran Uang Kuliah 10 Universitas Negeri Terbaik di Indonesia dari UI, UGM, hingga ITB
Institut Teknologi Bandung (ITB). Foto/Dok/Humas ITB
A A A
JAKARTA - Siswa lulusan SMA, SMK, dan Sederajat pasti mendambakan bisa melanjutkan kuliah di perguruan tinggi negeri ( PTN ) terbaik di Indonesia. Jika keinginanya terwujud, akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi calon mahasiswa dan keluarga.

Mengenyam pendidikan tinggi di PTN terbaik, tentu saja menjadi kebanggan tersendiri bagi calon mahasiswa . Selain kualitas pendidikan yang sudah pasti berkualitas, fasilitas lengkap, dan terbaik, lulusannya pun akan lebih dipertimbangkan saat melamar pekerjaan.

Baca juga: 10 Jurusan Sepi Peminat di UI, ITB, dan UGM, Peluang Lolos di PTN Terbaik Terbuka Lebar

Namun, seperti apa perbandingan biaya kuliah dari masing-masing PTN tersebut? Berikut adalah perkiraan besaran biaya kuliah di 10 PTN terbaik di Indonesia.

1. Universitas Indonesia (UI), Depok

Universitas Indonesia (UI) menempati urutan pertama sebagai universitas terbaik di Indonesia versi Webometrics. Kampus bonafide yang terletak di Depok, Jawa Barat, ini setidaknya memiliki 15 fakultas dengan puluhan jurusan.

Adapun fakultas yang ditawarkan UI terdiri dari Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Fakultas MIPA, Fakultas Pendidikan Vokasi, FISIP, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Kedokteran Gigi, dan Fakultas Kedokteran.

Lainnya, Fakultas Farmasi, Fakultas Psikologi, FEB, Fakultas Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu Administrasi, Fakultas Ilmu Komputer, dan Fakultas Kesehatan Masyarakat.

Baca juga: Ini 32 Perusahaan BUMN yang Buka Lowongan di Rekrutmen Bersama Batch 2 2022

Terkait uang kuliah, tentunya UI mematok tarif berbeda untuk tiap-tiap fakultas dan berdasarkan kelas. Melansir laman UI, kisarannya antara Rp0 sampai Rp500 ribu per semester untuk kelas 1, dan Rp6 juta hingga Rp7 juta per semester untuk kelas 6.
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2679 seconds (11.252#12.26)