Besaran Uang Kuliah 10 Universitas Negeri Terbaik di Indonesia dari UI, UGM, hingga ITB

Rabu, 07 Desember 2022 - 17:17 WIB
loading...
A A A
Universitas Brawijaya di Malang juga masuk dalam jajaran PTN top negeri ini. Melansir informasi yang ada dalam laman resmi UB, kampus ini menerapkan UKT kelompok yang terdiri dari 1 sampai 6.

Bagi mahasiswa yang sudah masuk ke golongan 1 dan 2, semua fakultas mematok biaya pendidikan seragam, yakni Rp500 ribu serta Rp1 juta per semesternya.

Perbedaan mulai terlihat pada kelompok 3 sampai 6, di mana besaran uang pendidikan disesuaikan dengan fakultas pilihan mahasiswa. Dari sekian banyak fakultas, Fakultas Kedokteran adalah fakultas dengan biaya pendidikan tertinggi, yakni Rp23 juta per semester.

Sementara, fakultas yang biaya pendidikannya paling murah adalah FIB (Fakultas Ilmu Budaya), yakni Rp4.680.000 per semesternya.

8. Universitas Airlangga (Unair), Surabaya

Masih dari Jawa Timur, ada Unair yang menjadi salah satu PTN unggulan Indonesia. Kampus yang terletak di Gubeng, Surabaya ini memiliki biaya pendidikan berbeda-beda di setiap fakultasnya.

Selain itu, perbedaan biaya pendidikan Unair juga berpatokan dengan golongan mahasiswa yang dibagi atas 4. UKT golongan pertama dibagi lagi menjadi 3, yakni IA, IB, dan IC.

Untuk UKT IA, IB, dan IC, masing-masing fakultas menetapkan biaya seragam, yakni Rp500 ribu sampai Rp 2.400.000 per semester. Sementara itu, untuk golongan II sampai IV, besaran biayanya berbeda tergantung dari masing-masing fakultas.

Menurut laman resmi Unair, fakultas dengan nilai UKT termahal (pada golongan IV) adalah Kedokteran Gigi, yakni Rp21 juta per semester. Adapun fakultas yang mematok biaya pendidikan terendah pada golongan IV adalah FISIP dengan Rp9 juta per semester.

9. Universitas Andalas (Unand), Padang
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1307 seconds (0.1#10.140)