Besaran Uang Kuliah 10 Universitas Negeri Terbaik di Indonesia dari UI, UGM, hingga ITB

Rabu, 07 Desember 2022 - 17:17 WIB
loading...
A A A
ITB memiliki banyak fakultas yang memang fokus kepada teknik. Contohnya adalah Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM), Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB).

Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI), Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan atau FTSL, serta masih banyak lagi. Masing-masing fakultas memiliki setidaknya 2 sampai 5 program studi.

4. IPB University, Bogor

IPB University di Bogor masuk dalam jajaran PTN terbaik di Indonesia. Sama seperti PTN lain, UKT golongan diterapkan di IPB untuk memastikan berapa biaya kuliah yang harus dibayarkan mahasiswa.

Menurut informasi biaya kuliah yang disampaikan IPB dalam laman resminya, kampus ternama itu memberlakukan 5 golongan UKT. Di golongan pertama, mahasiswa wajib membayar Rp2.400.000 per semester.

Sementara itu, mahasiswa yang masuk dalam golongan 5 diwajibkan untuk membayar uang kuliah sebesar Rp10 juta sampai Rp12 juta per semester. Fakultas Kedokteran Hewan atau FKH adalah fakultas di IPB yang paling mahal mematok uang kuliah, yakni Rp12 juta.

IPB tercatat memiliki 9 fakultas dan 1 sekolah bisnis. Adapun daftar fakultas di IPB adalah Fakultas Ekologi Manusia, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Fakultas Teknologi Pertanian, dan FMIPA.

Lainnya, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Fakultas Peternakan, Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Kehutanan dan Lingkungan, serta Fakultas Pertanian.

5. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya

Jika calon mahasiswa berencana untuk melanjutkan pendidikan ke ITS, maka wajib memperhatikan gambaran biaya pendidikan yang diberikan.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1307 seconds (0.1#10.140)