Jurusan Kuliah di ITS, UB, Unair, dan UNESA yang Sepi Peminat, Peluang Lolos Terbuka Lebar

Kamis, 08 Desember 2022 - 16:36 WIB
loading...
Jurusan Kuliah di ITS, UB, Unair, dan UNESA yang Sepi Peminat, Peluang Lolos Terbuka Lebar
Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Foto/Dok/Humas ITS
A A A
JAKARTA - Menjelang Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru ( SNPMB ) 2023 di perguruan tinggi negeri (PTN) atau sebelumnya dikenal dengan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), calon mahasiswa harus mulai bersiap-siap dan harus pintar menentukan jurusan yang memiliki peluang masuk tinggi.

PTN populer di Jawa Timur selalu dibanjiri peminat setiap tahunnya. Setidaknya ada 5 jurusan kuliah dengan peluang masuk tinggi di PTN Jawa Timur jika melihat dari data SBMPTN 2021. Salah satu pertimbangan calon mahasiswa dalam menentukan universitas adalah melihat peluang masuk setiap jurusan.

Baca juga: 10 PTN dengan Fakultas dan Jurusan Kedokteran Terbaik di Indonesia, Referensi SNBP-SNBT 2023

Berdasarkan penelusuran tim SINDOnews, berikut sejumlah jurusan dengan peluang masuk tinggi di 4 Perguruan Tinggi Negeri Jawa Timur, yakni Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Brawijaya, Universitas Airlangga, dan Universitas Negeri Surabaya.

Peluang masuk yang tinggi pada jurusan salah satu faktornya adalah sepinya peminat. Sehingga peluang lolos semakin besar karena kecilnya persaingan. Calon mahasiswa yang menginginkan lolos di perguruan tinggi negeri favorit harus pintar-pintar memilih jurusan yang daya saingnya rendah.

Baca juga: Beasiswa di Swedia Dapat Uang Saku Rp16 Juta per Bulan, Ini Syarat dan Cara Daftar

Berikut daftar jurusan sepi peminat di PTN Jawa Timur, yang dapat kalian jadikan sebagai referensi dan rekomendasi saat mendaftar dalam seleksi SNBP, SNBT, dan Seleksi Mandiri 2023.

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

1. Jurusan Teknik Transportasi Laut
Jumlah Peminat: 110, Kuota yang disediakan 15

2. Jurusan Teknik Sistem Perkapalan (Gelar Ganda ITS-Jerman)
Jumlah Peminat: 11, Kuota yang disediakan 18
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2282 seconds (10.177#12.26)