Mau Kuliah di Jatim? Ini Jurusan Sepi Peminat di ITS dan UB, Referensi SNBP-SNBT 2023

Kamis, 08 Desember 2022 - 21:01 WIB
loading...
Mau Kuliah di Jatim? Ini Jurusan Sepi Peminat di ITS dan UB, Referensi SNBP-SNBT 2023
Berikut jurusan sepi peminat di ITS dan Universitas Brawijaya yang bisa menjadi referensi kuliah di Jawa Timur. Foto/Ilustrasi/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Institut Teknologi Sepuluh Nopember ( ITS ) dan Universitas Brawijaya ( UB ) menjadi dua PTN yaang populer di Jawa Timur. Ketahui jurusan apa saja yang sepi peminat untuk bekal penerimaan mahasiswa baru tahun depan.

ITS yang saat ini dipimpin oleh Rektor Prof Mochammad Ashari ini melekat sejarahnya dengan perjuangan kemerdekaan RI. Hal ini karena pendiriannya dipelopori oleh para pejuang kemerdekaan sejak 1957.

Pendirian PTN yang saat ini memiliki tiga lokasi kampus di Surabaya ini melibatkan dr. Angka Nitisastro, Soedjasmono, Kyai Haji Yahya Hasyim, dan didukung oleh Roeslan Abdulgani.

ITS memiliki tujuh fakultas, yakni Fakultas Sains dan Analitika Data, Teknologi Industri dan Rekayasa Sistem, Teknologi Kelautan, Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas, Teknik Sipil, Perencanaan, dan Kebumian, Vokasi, Desain Kreatif dan Bisnis Digital, Sekolah Interdisiplin Manajemen dan Teknologi.

Baca juga: Kisah Ayu Sabrina, Pengabdian di Kampus Mengajar Mengantarnya dari Desa ke Istana

Sedangkan Universitas Brawijaya didirikan oleh Presiden Republik Indonesia melalui kawat no. 258/K/61 dikirim pada 11 Juli 1961. Saat ini UB merupakan salah satu universitas terkemuka di Indonesia dengan lebih dari 60.000 mahasiswa, dalam berbagai program vokasi, sarjana, magister, doktor, profesi, dan dokter spesialis.

UB memiliki 16 fakultas yang bisa dipilih di penerimaan mahasiswa baru tahun depan. Yaitu Fakultas Ilmu Kesehatan, Kedokteran Gigi, Ilmu Komputer, Kedokteran Hewan, Ilmu Budaya, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Kemudian PTN yang berlokasi di Malang ini juga menyediakan Fakultas Teknologi Pertanian, MIPA, Perikanan dan Kelautan, Kedokteran, Teknik, Peternakan, Pertanian, Ilmu Administrasi, Ekonomi dan Bisnis, dam Fakultas Hukum.

Nah, bagi kalian yang ingin menjadi mahasiswa baru di kedua PTN tersebut, perlu juga mengetahui jurusan apa saja yang sepi peminat sehingga ada peluang masuk yang besar di tengah ketatnya persaingan masuk PTN.

Dikutip dari laman Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) berikut ini jurusan sepi peminat di saintek dan soshum pada Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) berikut daya tampungnya.

Data ini bisa dijadikan gambaran bagi kalian calon mahasiswa PTN yang akan mendaftar pada Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2023.
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3116 seconds (10.177#12.26)