Penting Bagi Siswa, Ini 4 Tips untuk Capai Nilai Terbaik di PAS

Jum'at, 09 Desember 2022 - 09:13 WIB
loading...
Penting Bagi Siswa, Ini 4 Tips untuk Capai Nilai Terbaik di PAS
Empat tips untuk mencapai nilai terbaik di Penilaian Akhir Semester (PAS) wajib disimak oleh siswa. Foto/Zenius.
A A A
JAKARTA - Penilaian Akhir Semester (PAS) akan menjadi ujian menjelang akhir tahun yang dihadapi siswa . PAS bagi peserta didik dilakukan untuk menguji capaian pembelajaran siswa selama enam bulan terakhir.

Untuk mencapai nilai terbaik, idealnya setiap siswa memiliki strategi matang dalam menghadapi PAS. Apa saja cara efektif untuk mendapat hasil maksimal dalam mengerjakan PAS? Zenius membagikan 4 tips suksesnya.

Baca juga: Ratusan Siswa Korban Gempa Cianjur Dapat Bantuan Pendidikan dan Trauma Healing

1. Hindari Sistem Kebut Semalam (SKS) untuk belajar

Sebagai seorang siswa, kadang-kadang kita sering menunda belajar karena merasa ujiannya masih lama. Padahal, untuk bisa memahami sesuatu secara menyeluruh, cara paling maksimal adalah dengan melakukan praktik langsung, misalnya dengan mengerjakan contoh-contoh soal ujian PAS berdasarkan materi atau kisi-kisi yang telah diberikan oleh guru.

2. Buat grup belajar bersama teman

Selain semangat untuk belajar materi ujian PAS, hal lain terkait persiapan menghadapi ujian semester yang harus kamu ingat adalah membangun hubungan atau circle yang positif dan bisa menjadi penyemangatmu dalam menghadapi ujian PAS. Semangat belajar pun dapat tumbuh berkali-kali lipat saat belajar bersama teman-teman seperjuangan.

3. Jangan ragu bertanya pada guru

Baca juga: Berprestasi di Kancah Nasional-Internasional, 100 Pelajar Terima Bantuan Pendidikan dari PMJ

Jika selama proses belajar ada materi yang tidak dapat kamu pahami, jangan pernah merasa ragu untuk bertanya kepada bapak/ibu guru kamu. Ajukan pertanyaan/materi yang terasa masih sulit dimengerti, dan mintalah bimbingan secara intens dari guru yang bersangkutan.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1514 seconds (10.55#12.26)