Jinan Laetitia Mahasiswa ITB Raih AMI Award 2022, Kenali Sosoknya

Rabu, 14 Desember 2022 - 07:20 WIB
loading...
Jinan Laetitia Mahasiswa ITB Raih AMI Award 2022, Kenali Sosoknya
Mahasiswa FSRD ITB Jinan Laetitia berhasil meriah penghargaan kategori Artis Solo Pria/Wanita R&B Kontemporer Terbaik di AMI Awards 2022. Foto/Laman ITB.
A A A
JAKARTA - Mahasiswa Institut Teknologi Bandung ( ITB ) dari Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Jinan Laetitia berhasil meraih penghargaan di Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards 2022. Lahir dari keluarga pemusik, Jinan sukses menyeimbangkan kuliah dengan keahliannya di bidang seni musik ini.

Jinan berhasil mendapatkan piala penghargaan kategori Artis Solo Pria/Wanita R&B Kontemporer Terbaik di AMI Awards 2022. AMI Award merupakan ajang penghargaan tertinggi bagi industri musik Indonesia yang pertama kali digelar pada 1985 lalu.

Mahasiswi Seni Rupa Studio Kajian ITB ini memang memiliki tradisi pemusik dari keluarganya sehingga sejak kecil dia sudah terasah dengan kemampuan di bidang seni. Ayahnya yang seorang keyboardist dan sering memutar lagu jazz ini yang menjadi dasar kegemarannya akan musik.

Baca juga: Mahasiswa ITS Gagas Alat Pendeteksi Tsunami 30 Menit Lebih Awal

2019 menjadi titik awalnya bermusik. Berawal dari gubahan lagu menggunakan ukulele kesayangannya menjadikannya bermusik di bawah label musik Warner Musik Indonesia. Lagu ciptaannya juga mendapat respons baik dari orang sekitarnya sehingga semakin memotivasi Jinan untuk mengembangkan karyanya. Setelah beberapa lagu yang Jinan ciptakan ternyata didengar oleh label musik Warner Music Indonesia dan dikontrak hingga saat ini.

“Awalnya iseng bikin lagu pake Ukulele terus diunggah di Soundcloud dan aku share ke teman-teman. Mereka suka dan nyaranin untuk diunggah di Spotify,” ucap Jinan, dikutip dari laman ITB, Rabu (14/12/2022).

Jinan mengaku tidak berpatok pada genre musik karena dia hanya ingin menciptakan lagu yang dirasakannya memiliki instrumen yang menarik dan enak dinyanyikan. Hingga akhirnya, dia menjadi nominasi Artis Solo Pria/Wanita R&B Kontemporer di AMI Awards 2022. Dari sinilah Jinan menyadari jenis musik yang dia ciptakan R&B Kontemporer dan menjadikan single “Vanilla” memenangkan penghargaan tersebut.

Baca juga: UGM Lakukan Pemetaan Area Terdampak Gempa Bumi Cianjur

Di tengah kesibukan menjalani mahasiswa tingkat akhir, tidak membatasinya untuk berkarya. Jinan mengungkapkan akan meluncurkan single terbarunya yang rencananya mulai proses syuting di Januari 2023. Beberapa tawaran pertunjukan juga sedang dia jalani. Selain itu, setelah lulus kuliah Jinan mencoba memfokuskan untuk menekuni musik dan kajian seni.

“Just do what you love. Jangan terpaku pada apa yang kita pelajari di kuliah aja. Dunia kerja tidak statis dan apa yg kita pelajari hanya jadi basis pikiran kita, selebihnya kita yang menentukan mau kemana arah dan tujuan kita,” pesannya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8174 seconds (0.1#10.140)