Ini Cerita Seru Mahasiswi PNJ ke Inggris, Belajar ke Perusahaan Manufaktur Kelas Dunia

Rabu, 21 Desember 2022 - 11:31 WIB
loading...
Ini Cerita Seru Mahasiswi PNJ ke Inggris, Belajar ke Perusahaan Manufaktur Kelas Dunia
Empat mahasiswi Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) meraih beasiswa IISMAVO dan belajar ke Inggris. Foto/Laman Ditjen Diksi.,
A A A
JAKARTA - Empat mahasiswi Politeknik Negeri Jakarta ( PNJ ) meraih beasiswa Indonesian International Student Mobility Awards Edisi Vokasi ( IISMAVO ) di Coventry University, Inggris. Selain kuliah mereka juga berkesempatan magang di perusahaan kelas dunia.

IISMAVO merupakan skema beasiswa dari pemerintah untuk mendanai mahasiswa Indonesia melalui program mobilitas di universitas dan industri terkemuka di luar negeri. Melalui program ini, mahasiswa vokasi yang mengikuti program tersebut diharapkan memiliki kemampuan berinteraksi internasional sebagai bekal saat lulus untuk menjawab tingginya tuntutan industri global.

Kali ini, mahasiswi PNJ itu belajar di Coventry University, mulai dari metode belajar yang efektif hingga mempelajari bagaimana perusahaan-perusahaan manufaktur kelas dunia menjalankan roda bisnisnya.

Keempat mahasiswi yang beruntung tersebut, yakni Alyssa Cherica Paradita, Hanifa Andika Budhiananto, dan Zefanya Diva Wijayanti dari Program Studi Sarjana Terapan Manajemen Keuangan, serta Wulan Riyanti. Mereka menempuh kuliah di jurusan DIV Sarjana Terapan Meeting, Incentive,Convention, and Exhibition (MICE).

Keempat mahasiswi itu telah menempuh studi selama satu semester di Coventry University Inggris melalui program IISMAVO dengan skema B yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar tidak hanya dengan menjalani perkuliahan di kelas, tetapi juga memberikan pengalaman berinteraksi dengan industri.

Baca juga: BRIN Buka Lowongan 510 Formasi PPPK 2022, Cek Info Lengkapnya

Kesempatan mempelajari operasional bisnis perusahaan-perusahaan di Inggris ini didapat melalui program kunjungan industri bertema “Pride of Britain Tour”. Pada kesempatan itu, para mahasiswi diajak mengunjungi sejumlah perusahaan manufaktur kelas dunia di Inggris, seperti Morgan Motor Company, Jaguar Land Rover, Brompton Bicycle, Mini, JCB, dan Triumph.

“Di kunjungan tersebut, kami mempelajari latar belakang serta mekanisme kerja mesin dan peralatan selama proses produksi,” kata salah satu penerima beasiswa IISMAVO, Alyssa Cherica Paradita.

Selain itu, lanjut Alyssa, mereka juga diminta untuk menganalisis bagaimana keunggulan kompetitif (competitive advantage) serta gaya kepemimpinan (leadership style) yang diterapkan masing-masing perusahaan tersebut.

Tidak hanya sesi kunjungan industri yang dirasakan sangat berharga, melalui skema B, Alyssa dan teman-temannya juga mendapatkan pengalaman belajar bersama mahasiswa lokal dan internasional di kampus Coventry.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5219 seconds (0.1#10.140)