Polban Kembangkan Mesin Enkapsulasi untuk Dukung Industri Halal di Indonesia

Rabu, 04 Januari 2023 - 16:46 WIB
loading...
A A A
Penyempurnaan yang dilakukan oleh tim dari Polban, antara lain penyempurnaan pada sistem mekanik, instrumentasi, dan sistem kontrol mesin. Kapasitas produksi mesin juga ditingkatkan menjadi 500-2.000 kapsul lunak per jam, dari yang sebelumnya sekitar 100 kapsul lunak per jam.

Dari sisi ukuran, mesin pengembangan tim enkapsulasi inovasi Polban juga lebih besar dari yang dikembangkan oleh ITB. Namun, ukuran mesin inovasi Polban ini masih jauh lebih kecil dari mesin-mesin enkapsulasi gelatin yang umumnya berukuran besarsehingga hanya cocok untuk skala industri-industri kecil. “Mesin enkapsulasi kami ukurannya lebih kecil sehingga cocok untuk skala laboratorium maupun untuk industri-industri kecil seperti UMKM,” kata Budi.

Meskipun masih membutuhkan riset kolaboratif lanjutan untuk terus meningkatkan kinerja mesin, hasil penelitian ini sudah dapat dimanfaatkan oleh lembaga riset atau industri, khususnya UMKM bidang OMAI. Mesin ini dapat digunakan untuk memproduksi obat asli Indonesia, khususnya untuk produksi obat herbal cair yang membutuhkan kemasan dalam bentuk kapsul lunak, seperti ekstrak jahe, virgin oil, minyak ikan, vitamin E, ekstrak mengkudu, ekstrak buah merah, dan ekstrak daun jambu.

“Produk yang dihasilkan dari bahan alam tersebut umumnya memiliki kelemahan dari sisi stabilitasnya karena mudah teroksidasi serta peka pada perubahan suhu dan lingkungan. Dengan dibuat menjadi bentuk kapsul lunak maka stabilitas produk bahan alam tersebut akan dapat diperbaiki dan ditingkatkan sekaligus. Produk akan ada di bagian dalam dari kapsul lunak dan terlindungi oleh material yang bertindak sebagai kulit terluar dari kapsul lunak tersebut,” terang Budi.

Sebagai informasi, penelitian ini merupakan salah satu praktik baik dari program Riset Keilmuan Terapan Dosen PT Vokasi tahun 2021/2022 yang didanai oleh Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP). Tim riset Enkapsulasitek, Polban sendiri merupakan kolaborasi dosen dan mahasiswa dari tiga prodi berbeda yang berasal dari tiga jurusan di Polban, yaitu Jurusan Teknik Mesin, Teknik Kimia, dan Teknik Elektronika.

“Semoga penelitian ini bisa menjadi percontohan untuk meningkatkan atmosfer riset dan kolaborasi antarprodi di politeknik atau di perguruan tinggi penyelenggara pendidikan vokasi (PTPPV), khususnya Polban,” tambah Budi.
(nnz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2426 seconds (0.1#10.140)