Saatnya Media Bersinergi

Kamis, 11 Desember 2014 - 18:32 WIB
Saatnya Media Bersinergi
Saatnya Media Bersinergi
A A A
SOLO - Berita di media online, Koran, televisi dan radio sudah saatnya bersinergi dalam satu wadah. Hal itu dilakukan untuk memudahkan para masyarakat untuk mencari berita sesuai yang diinginkan dalam satu genggaman tangan.

Hal itu diungkapkan oleh Wakil Pimpinan Redaksi (Wapimred) KORAN SINDO Djaka Susila, dalam acara Sindo Goes To Campus (SGTC) di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Kamis (12/11/2014).

Menurutnya sinergi berbagai media dalam satu wadah itu sangat penting apalagi di dalam era digitalisasi seperti ini. Ke depan sudah saatnya masyarakat itu menikmati berbagai media dalam satu wadah, bisa melalui telepon seluler, komputer ataupun perangkat digital lainnya.

Sehingga untuk beralih dari membaca koran atau mendengarkan radio ke televisi masyarakat tinggal menggerakan tangannya tanpa harus berpindah ke tempat lain.

Menurut Djaka kondisi itu dipermudah dengan semakin murahnya teknologi yang berkembang saat ini. Para warga bisa mendapatkan telepon seluler atau gadget lainnya dengan harga yang murah.

“Semua kita sudah punya, mulai dari televisi, koran, portal online dan radio, tinggal digabungkan saja, masyarakat tinggal memilih mau menikati yang mana,” ucapnya.

Jika hal itu tidak dilakukan dalam waktu dekat ini, nantinya para perusahaan media justru tidak akan bisa bersaing dalam waktu 10 tahun mendatang. Apalagi era digitalisasi semakin hari semakin berkembang dan suatu saat nanti masyarakat bakal meninggalkan kertas untuk kepentingan sehari-hari.

“Media online itu akan merajai, karena semua informasi bisa naik dengan cepat. Namun konsekuesinya yang cepat belum tentu benar, namun dengan bersinergi nantinya hal itu bisa diminimalisasi,” imbuhnya.

Sementara itu Redaktur Pelaksana (Redpel) KORAN SINDO Hana Farhana mengatakan, sinergi antar media itu sangat mudah dilakukan sampai ke tingkat reporter. Seperti halnya yang dia lakukan ketika meliput Piala Dunia 2010 lalu. Saat itu dia melakukan reportase untuk tiga media yakni radio, Koran dan juga media online.

“Sebelum pertandingan saya ditelepon untuk live report radio, setelah itu saya membuat berita pertandingan untuk online dan juga koran,” jelasnya.

Dia berharap ke depannya para mahasiswa ataupun masyarakat yang ingin menjadi wartawan harus memiliki banyak kemampuan. Jika tidak memiliki kemampuan itu, nantinya akan sulit untuk masuk menjadi reporter atau wartawan di sebuah perusahaan media.

Sementara itu Pemimpin Redaksi Sindo TV Aprevyta Dyah Wulansari mengatakan, dengan berbagai pengantar mengenai industri media di masa depan, nantinya para mahasiswa bisa tertarik untuk masuk dunia jurnalistik.

Pasalnya tanpa pengantar seperti itu minat untuk masuk ke dunia jurnalistik mulai menurun. Selain memberikan pengantar kepada mahasiswa acara itu juga digelar untuk mempromosikan berbagai macam produk yang saat ini dimiliki oleh Sindo Media.

“Segmen kita kan kalangan pemuda, jadi roadshow ini akan terus kita lakukan di daerah-daerah lain,” ucapnya.

Salah seorang mahasiswa, Sri Purwati, mengaku senang dengan acara SINDO Goes To Campus tersebut. Menurutnya dengan seperti itu dia bisa mengetahui seperti apa perkembangan media di masa depan. Selain itu acara itu juga bisa menambah kemampuan bagi dirinya dan mahasiswa lain yang minat dalam dunia jurnalistik.
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1464 seconds (0.1#10.140)