25 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2023

Kamis, 02 Februari 2023 - 19:18 WIB
Webometrics kembali merilis daftar peringkat perguruan tinggi terbaik dunia periode Januari 2023. Di Indonesia, UI menduduki posisi pertama. Foto/Dok/UI.
JAKARTA - Webometrics Ranking of World Universities kembali merilis daftar perguruan tinggi terbaik dunia untuk periode Januari 2023. Perguruan tinggi di Indonesia pun masuk dalam dafar pemeringkatan internasional bergengsi ini.

Webometrics adalah pemeringkatan perguruan tinggi yang diinisasi oleh Cybermetrics Lab, sebuah kelompok riset milik Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC), badan riset publik terbesar di negara Spanyol.

CSIC adalah salah satu organisasi penelitian dasar pertama di Eropa. CSIC pada 2006 terdiri dari 126 pusat dan institut yang tersebar di seluruh Spanyol.

Dikutip dari laman Webometrics, Cybermetrics Lab merupakan bagian dari CSIC, dikhususkan untuk menganalisis kuantitatif konten Internet dan Web khususnya yang terkait dengan proses generasi dan komunikasi ilmiah pengetahuan ilmiah. Ini adalah disiplin baru yang muncul yang disebut Cybermetrics atau Webometrics.

Baca juga: Sederet Jurusan di Universitas Brawijaya yang Akreditasinya A

Terdapat tiga indikator yang diterapkan dalam pemeringkatan Webometrics. Pertama, visibility atau jumlah subnet yang memiliki link ke laman web institusi. Indikator ini berbobot 50 persen penilaian.

Indikator kedua dengan bobot 10 persen adalah transparansi, yaitu jumlah kutipan dari 210 peneliti terbaik. Terakhir, excellence atau jumlah naskah yang paling sering dikutip periode 2015 – 2019 dengan bobot penilaian 40 persen.

Berikut ini 25 perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi Webometrics 2023 yang juga bisa menjadi landasanmu untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi terbaik nasional.

Baca juga: 6 PTN dengan Jurusan Ilmu Komputer S1 Terbaik, Terakreditasi Unggul dan A

1. Universitas Indonesia, peringkat dunia: 577
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More