4 Jurusan Kuliah Ini Sering Dianggap Sulit Cari Kerja, Padahal Tidak Sepenuhnya Benar

Sabtu, 11 Maret 2023 - 18:33 WIB
Pada sebuah survei yang pernah dilakukan, jurnalistik menjadi salah satu jurusan kuliah yang paling disesali mahasiswanya. Alasannya cukup beragam, termasuk di antaranya adalah karena prospek kerjanya terbatas.

Jurusan ini memang cukup identik dengan lulusannya yang akan bekerja sebagai wartawan. Namun, perlu diketahui bahwa alumni jurusan ini sejatinya juga bisa bekerja pada profesi lain.

Menyesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki, mereka bisa menjadi penulis perjalanan (Travel Blogger), penulis konten web, copywriter, dan masih banyak lainnya.

3. Jurusan Pendidikan



Stigma yang berkembang adalah lulusan jurusan pendidikan hanya bisa bekerja sebagai guru saja. Hal ini tidak sepenuhnya benar, karena sejatinya jurusan pendidikan memiliki cakupan yang sangat luas.

Pada jenisnya saja sudah cukup banyak. Tak hanya Pendidikan Guru SD (PGSD), masih tersedia jurusan lain seperti Pendidikan Bahasa Inggris, Teknologi Pendidikan, dan lain sebagainya.

Baca juga: Politeknik Statistika STIS Segera Buka Pendaftaran, Lulus Jadi CPNS

Selain menjadi guru, lulusan dari jurusan ini juga bisa menggeluti profesi lain seperti konsultan pendidikan, penulis, penerjemah bahasa asing, dan lainnya. Selain itu, jika ada kesempatan bisa juga mencoba peruntungan untuk bekerja di instansi pemerintah, seperti Kemendikbud misalnya.

4. Jurusan Bahasa



Sebagian perguruan tinggi mungkin menggabungkan Bahasa dengan jurusan Sastra atau Pendidikan. Namun, tetap ada juga program studi yang memang hanya mengkhususkan aspek Bahasa saja.

Sebagai contoh, beberapa yang bisa ditemui adalah D3 Bahasa Inggris, D3 Bahasa Mandarin, dan lainnya. Pada prospek kerja yang dimiliki, masing-masing jurusan ini akan memanfaatkan kemampuannya di bidang yang relevan.

Misalnya, lulusan D3 Bahasa Inggris, mereka bisa menjadi penerjemah lisan, editor buku/naskah (bahasa Inggris), penulis konten, dan masih banyak lainnya.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More