Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Cover Letter dan Motivation Letter

Senin, 05 Juni 2023 - 15:21 WIB
Perbedaan cover letter dan motivation letter. Foto/Shutterstock.
JAKARTA - Meski banyak orang yang mengira sama, namun ternyata cover letter dan motivation letter merupakan dua hal yang berbeda. Keduanya kerap digunakan untuk melamar beasiswa dan melamar kerja .

Perbedaannya bisa dilihat dari beberapa hal, mulai dari isi, penggunaannya, hingga tujuan. Berikut perbedaan cover letter dan motivation letter.

Isi



Motivation letter adalah dokumen yang menjelaskan terkait motivasi guna mencapai tujuan. Isi motivation letter fokus kepada kepribadian, minat, serta tujuan seseorang melamar suatu posisi. Selain itu, isi motivation letter lebih panjang serta detail daripada cover letter.

Baca juga: Rektor Unair Jelaskan 2 Kuota Terbaru Penerima KIP Kuliah

Sementara, cover letter adalah dokumen yang berisi penjelasan mengenai pengalaman, keterampilan serta prestasi yang dimiliki.

Penggunaan



Biasanya motivation letter digunakan untuk mendaftar beasiswa, bergabung di organisasi non-profit, hingga menjadi volunteer atau sukarelawan. Berbeda dengan motivation letter, cover letter digunakan untuk melamar pekerjaan. Biasanya, cover letter dikirim bersamaan dengan dokumen melamar kerja lainnya seperti CV (curriculum vitae).

Baca juga: Ini Tips dan Trik Mendapatkan Informasi Beasiswa Luar Negeri

Tujuan

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More