12 Univesritas dengan Jurusan Bioteknologi Terbaik di Indonesia, Ini Daftar Kampusnya

Rabu, 23 Agustus 2023 - 10:11 WIB

11. Universitas Esa Unggul



Untuk mengoptimalkan melimpahnya Biodiversitas Indonesia yang sangat besar, Esa Unggul sebagai Perguruan Tinggi membuka jurusan Bioteknologi sebagai sebuah Program Studi yang memaksimalkan dan mengoptimalkan penelitian tentang Biodiversitas yang sangat besar di Indonesia.

Meskipun masih terbilang baru berkembang, Bioteknologi Esa Unggul memiliki berbagai keunggulan di antaranya Bioteknologi Esa Unggul merupakan Program studi Biotek di Perguran Tinggi Swasta di Indonesia. Selain itu, Bioteknologi Esa Unggul juga telah menjadi pencetus berdirinya ikatan Bioteknologi Seluruh Indonesia (IBSI) dalam organisasi itu kita dipercayai menjadi pengurus.

12. Universitas Al Azhar



Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) merupakan salah satu kampus yang sedang menuju kepada Eco Campus atau kampus berwawasan lingkungan. Sehingga nantinya UAI akan menjadi kampus islam yang sangat konsen dengan hal penghematan sumber daya, penerapan daur ulang serta pengelolaan lingkungan.

Apabila kamu ingin memilih UAI sebagai kampus tujuan, kamu bisa menemukan jurusan Bioteknologi dengan nama Biologi. Di mana jurusan ini lebih memfokuskan mahasiswanya untuk berkonsentrasi pada Biosains, Bioteknologi dan Lingkungan berlandaskan nilai-nilai spiritual, moral dan etika Islami.

Baca juga: Peran Bioteknologi dalam Pembuatan Vaksin COVID-19

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Bioteknologi

1.Ahli Bioteknologi



Ahli Bioteknologi merupakan sebutan untuk orang yang punya keahlian di bidang pemanfaatan makhluk hidup seperti bakteri, virus, dan fungi, serta produk dari makhluk hidup seperti enzim dan alkohol yang berguna dalam produksi barang dan jasa.

2.Biokimiawan



Biokimiawan atau ahli biokimia mempelajari sifat-sifat kimia dari makhluk hidup dan proses biologis, seperti pengembangan sel, pertumbuhan sel, keturunan, dan penyakit.

3.Bioteknologi Pertanian



Perusahaan bioteknologi pertanian bekerja memasok petani dengan alat untuk meningkatkan hasil tanaman dan produk hewan, sambil menurunkan biaya produksi.

4.Insinyur Biomedis



Insinyur biomedis menggunakan pengetahuan teknik, biologi, dan bidang medis untuk mengembangkan alat dan produk baru yang lebih baik bagi pasien.

5.Mikrobiologis



Ahli mikrobiologi mempelajari virus, bakteri dan sistem kekebalan untuk menghasilkan produk biomedis dan industri.

6.Teknisi Lab Kriminal

Orang-orang dengan pengetahuan bioteknologi dan biologi dapat memberikan bantuan yang sangat dibutuhkan untuk penegakan hukum

7.Teknisi Validasi

Teknisi validasi adalah bagian penting dari proses pembuatan bioteknologi. Ini adalah posisi level awal yang membantu memastikan kualitas produk yang sedang diproduksi.

Apa Itu Jurusan Bioteknologi?

Bioteknologi adalah suatu ilmu yang mempelajari cara pemanfaatan makroorganisme (hewan, tumbuhan, dll) ataupun mikroorganisme (bakteri, virus, fungi, dll) berbasis teknologi untuk menghasilkan produk-produk yang bermanfaat bagi makhluk hidup.

Contohnya seperti bahan bakar ramah lingkungan (biofuel), tumbuhan tahan hama dan kekeringan, buah-buahan yang tidak mudah membusuk, produksi insulin dari bakteri, pemanfaatan antibodi, dan biosensor untuk mengontrol dan mengatasi pencemaran lingkungan.

Secara sederhana, Bioteknologi itu sendiri merupakan multi-disiplin ilmu atau gabungan dari beberapa ilmu seperti biologi, kimia, dan teknologi. Nah bioteknologi ini secara umum digolongkan menjadi 4 jenis ruang lingkup yaitu, Bioteknologi Putih, Bioteknologi Biru, Bioteknologi Hijau, Bioteknologi Merah. Setiap ruang lingkup membahas aspek tertentu, adapun rinciannya adalah sebagai berikut:

1. Bioteknologi Putih

Bioteknologi putih membahas segala yang berkaitan dengan industri, baik itu industri dalam bidang pangan (makanan suplemen, pangan probiotik, penyedap rasa, dll), kesehatan (obat-obatan, vaksin, dll), produk-produk kecantikan (kosmetik, anti penuaan, anti radiasi, dll), bahan bakar/sumber energi terbarukan (biofuel), dan masih banyak lagi.

2. Bioteknologi Biru

Bioteknologi biru membahas segala hal yang berkaitan dengan lingkup perairan dan kelautan, seperti pemanfaatan alga sebagai sumber energi, penggunaan mikroba dalam membersihkan ekosistem perairan seperti membersihkan tumpahan minyak di laut menggunakan mikroba, pemanfaatan protein anti beku dari ikan-ikan yang ada di kutub, dan lainnya.

3. Bioteknologi Hijau

Bioteknologi hijau membahas segala hal yang berkaitan dengan pertanian, beberapa penerapannya yaitu buah-buahan yang tahan lama (tidak cepat membusuk), tanaman yang tahan hama dan tahan kondisi panas (kemarau), kultur jaringan, dan rekayasa tanaman.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More