7 Pekerjaan Sampingan yang Cocok Bagi Mahasiswa Kedokteran, Asdos hingga EO

Senin, 04 September 2023 - 09:39 WIB

4.Buka Jasa Translate



Ini salah satu usaha yang high demand dan bisa memberi penghasilan yang lumayan. Dalam satu waktu kita bisa mengerjakan beberapa proyek sekaligus. Pekerjaan ini juga bermanfaat untuk pekerjanya karena bisa membantu kita makin cadas berbahasa Inggris.

Namun, terkadang kualitas translate yang dihasilkan kurang memuaskan. Karena untuk bisa fasih di bidang translation, kita juga harus fasih dan menguasai bahasa Inggris akademik dan bahasa inggris tertulis (written english), yang itu sangat berbeda dengan bahasa Inggris sehari-hari.

5.Jadi Event Organizer



FK mana yang tak banjir event? Di tengah riuhnya penyelenggaraan event, kita bisa menawarkan jasa kita untuk membantu penyelenggaraannya. Apalagi event dengan format digital yang mungkin sebagian guru-guru senior di FK tidak familiar.



Sebagai mahasiswa dengan ide yang baru dan orisinil, kita dapat membantu guru-guru senior untuk membuat event mereka lebih menarik dan lebih sesuai dengan jaman now.

Tapi, kita juga harus aktif dan komunikatif untuk pekerjaan yang satu ini. Karena demanding banget. Besarnya penghasilan yang didapatkan juga bergantung dengan even yang kita handle dan tingkat kesulitannya.

6.Menjadi Medical Illustrator



Tiap departemen atau dosen atau guru besar pasti dituntut untuk memiliki publikasi baik jurnal maupun berbentuk buku cetak. Jika diperlukan ilustrasi, tentu tidak bisa langsung maen comot gambar dari internet. Di sinilah peran medical ilustrator (MI).

7.Entrepreneur



Anak FK bisa jualan apa? Banyak.Jualan buku, alat kesehatan, bahkan bisa juga menjual jasa cuci sepatu seperti influenser dr. Tirta. Mau jualan makanan sampai buka kedai kopi di kampus seperti salah satu narasumber kelas kami ini juga bisa. Banyak yang bisa kita usahakan, keuntungan yang didapat juga bisa beragam, tergantung entrepreneurship kita dan banyaknya waktu yang kita investasikan ke usaha kita.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More