10 Prospek Kerja Menjanjikan Lulusan Bahasa dan Sastra Inggris, Ada yang Digaji Ratusan Juta

Sabtu, 23 September 2023 - 14:30 WIB
Nah, kalau profesi yang satu ini tentu menjadi profesi yang paling sesuai dengan jurusan sastra. Sejatinya, jika kuliah di jurusan sastra, tentu akrab dengan sastra, walaupun ini semua tak berlaku secara mutlak. Jika kamu ingin menjadi seorang sastrawan, kamu bisa memilih untuk menjadi seorang novelis, cerpenis, prosais atau esais, kritikus, dll.

6.Penerjemah



Lulusan sastra atau bahasa asing memiliki kesempatan bagus untuk bisa masuk ke dunia translation, baik itu dalam bentuk tulisan ataupun dalam bentuk lisan. Menariknya, mahasiswa bahasa asing seringkali dijadikan ‘kamus berjalan’ oleh teman-teman jurusan lain, UBLizen. Jika sejak kuliah saja sudah dibutuhkan, apalagi jika sudah lulus, bukan?

Penerjemah ini juga banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan, ataupun penerbit buku. Menjadi translator/penerjemah juga dapat kamu lakukan secara online. Tapi gaji yang diperoleh lumayan, yakni Rp5 juta-Rp7 Juta per bulan.

7.Ahli Bahasa



Menjadi seorang ahli bahasa adalah kesempatan emas untuk para lulusan sastra asing, terutama yang sewaktu kuliah lebih memilih konsentrasi linguistik, UBLizen. Tugas seorang ahli bahasa di antaranya melakukan logika pembentukan kata di dalam suatu bahasa, meneliti interaksi unsur bahasa, hingga meneliti hubungan antara satu bahasa dengan bahasa yang lain.

8.Asisten Editorial



Pertumbuhan penerbitan digitalyang saat ini kian meningkat, membuat kesempatan untuk bisa bekerja di perusahaan publikasi online lebih meningkat. Peluang ini didapatkan oleh lulusan sastra untuk menjadi asisten editorial, di mana tugasnya adalah mendukung para staf editorial senior di bagian administrasi, perencanaan dan produksi buku, majalah, jurnal, maupun materi online.

9.Wartawan Koran



Lulusan bahasa asing juga bisa menjadi wartawan koran, lho! Jurnalisme koran saat ini juga kian multi-platform, sehingga keterampilan di dalam bidang teknologi informasi kian dihargai. Banyak koran besar di Indonesia yang menggunakan bahasa Inggris dalam penulisan artikelnya

10.Wartawan Majalah



Tidak jauh berbeda dengan wartawan koran, lulusan sastra asing juga berpeluang untuk menjadi wartawan majalah. Tugasnya adalah meneliti dan menulis artikel berita serta fitur untuk berbagai macam publikasi majalah, dengan berbagai jenis kontenya.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More