5 Pekerjaan yang Diprediksi Bersinar di Masa Depan, Nomor 3 Peternak Ikan

Selasa, 07 November 2023 - 10:29 WIB

3. Peternak ikan akuaponik



Salah satu hobi yang juga bisa mendatangkan cuan adalah beternak ikan. Saat ini muncul nama profesi “aquaponic fish farmer” atau peternak ikan akuaponik.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah yang Ditunggu Banyak Lapangan Pekerjaan hingga Tahun 2030

Pada 2030 mendatang, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memperkirakan sampah plastik di laut lebih banyak dari jumlah ikan. Kondisi ini akan meningkatkan profesi peternak ikan.

Para peternak akuaponik tidak hanya memelihara ikan dalam kolam, tapi juga menumbuhkan berbagai tanaman di atasnya dan menghasilkan berbagai berbagai sayuran. Satu media untuk menghasilkan dua bahan pangan.

4. Spesialis energi terbarukan



Insinyur di bidang energi mungkin banyak, tapi insinyur di bidang energi terbarukan mungkin jumlahnya masih terbatas. Profesi ini akan menjadi favorit di masa mendatang, karena kebutuhan teknologi energi terbarukan di masa depan akan semakin meningkat.

Semakin menipisnya cadangan bahan bakar fosil, mengharuskan negara atau lembaga untuk mengaplikasikan teknologi energi terbarukan sehingga pintu untuk berkarya di bidang energi terbarukan akan semakin luas di masa depan.

5. Penyederhana masalah



Profesi yang terakhir ini mungkin belum familiar atau bahkan terdengar aneh. Namun jangan salah, profesi penyederhana masalah ini di masa depan akan diburu berbagai perusahaan besar. Tugasnya adalah menyederhanakan masalah dalam perusahaan seperti memangkas birokrasi perusahaan yang awalnya 10 proses menjadi 3-4 proses saja.

Penyederhana masalah ini sangat diperlukan, karena bisa memangkas biaya, sekaligus meningkatkan produktivitas.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More