8 Universitas Terbaik di Indonesia yang Membuka Jurusan Radiologi Beserta Prospek Kerjanya

Rabu, 22 November 2023 - 10:41 WIB
Radiologi merupakan salah satu cabang ilmu kedokteran yang khusus mempelajari tentang pemindaian serta diagnosis terhadap tubuh bagian dalam manusia menggunakan sebuah teknologi gelombang radiasi seperti sinar X. Foto/Ist
JAKARTA - Ini daftar 8 universitas di Indonesia yang memiliki jurusan radiologi terbaik beserta prospek kerjanya.Jurusan Radiologi saat ini masih jarang diminati sehingga wajar belum banyak universitas membuka jurusan radiologi.

Sekadar informasi, jurusan radiologi merupakan salah satu cabang ilmu kedokteran yang khusus mempelajari secara mendalam tentang pemindaian serta diagnosis terhadap tubuh bagian dalam manusia menggunakan sebuah teknologi gelombang radiasi seperti sinar X.

Seiring berkembangnya zaman dan pesatnya kemajuan teknologi kedokteran, radiologi sekarang tidak hanya berkutat menggunakan sinar X, tetapi juga menggunakan gelombang ultrasonik seperti ultrasonography (USG) serta magnetic resonance imaging (MRI).

Kebutuhan akan profesi radiologi pun diperkirakan cukup besar. Artikel kali ini secara khusus akan membahas 8 universitas yang memiliki jurusan radiologi khususnya di wilayah Jawa dan DKI Jakarta, simak ya!

8 Universitas yang Memiliki Jurusan Radiologi Beserta Prospek Kerjanya



1. Universitas Indonesia (UI)



Program Studi Radiologi Fakultas Kedokteran Indonesia (FKUI) yang sudah didirikan sejak 10 Maret 1980 silam. Program studi ini merupakan sebuah Program Pendidikan spesialis I pada bidang Radiologi dan terakreditasi A.

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)



Universitas Gadjah Mada yang terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta juga memiliki jurusan Radiologi yaitu Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Radiologi yang berada dalam naungan departemen Radiologi, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan.

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More