Mau Kuliah PTN Favorit di Malang, Ini 7 Jalur Masuk UB 2024, 3 di Antaranya Tanpa Tes

Sabtu, 30 Desember 2023 - 15:55 WIB

5. Seleksi mandiri UB jalur prestasi



Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Prestasi (SMUB Jalur Prestasi) ini dikenal sebagai jalur yang menjaring calon mahasiswa yang memiliki prestasi, baik akademik maupun non-akademik.

Prestasi akademik

a. Peraih peringkat atau juara 1, 2 dan 3 atau setara pada tingkat Internasional dan Nasional dalam bidang:

b. Olimpiade sains pada bidang Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Komputer, Ekonomi, dan bidang lainnya Lomba Kompetensi Siswa Lomba karya tulis ilmiah Lomba story telling bahasa internasional

c. Lomba cerdas cermat Lomba atau kejuaraan lain yang terkait dengan mata pelajaran yang diselenggarakan lembaga yang kredibel dan dapat dipertanggungjawabkan.

Prestasi non-akademik

a. Peraih peringkat atau juara 1, 2, dan 3 atau Gold, Silver, Bronze pada tingkat Internasional dan Nasional dalam lomba atau kejuaraan bidang olahraga, kesenian, ketrampilan, keagamaan.

b. Hafidz dan hafidzah Alqur’an minimal 10 Juz, dibuktikan dengan surat sertifikat/surat keterangan dari lembaga yang kredibel dan dapat mempertanggungjawabkan pernyataan penyelesaian hafalan.

6. Seleksi mandiri UB bagi penyandang disabilitas



UB memberikan kesempatan kuliah bagi siswa disabilitas. Melalui Seleksi Mandiri Penyandang Disabilitas (SMPD), panitia akan melakukan rangkaian seleksi terhadap calon mahasiswa penyandang disabilitas yang berprestasi dan memiliki kapabilitas sesuai dengan jurusan yang dipilih.

Bagi calon pendaftar yang ikut seleksi ini, maka harus menyerahkan surat keterangan terkait disabilitas. Nantinya, calon pendaftar harus memilih disabilitas yang dimiliki, seperti: Tunadaksa Tunanetra Tuli Tunawicara Tunagrahita/Slow Learner Kesulitan Belajar/Learning Difficulty Gangguan perkembangan dan mental Dan lainnya.

7. Seleksi Mandiri UB khusus D3



Jalur ini sama dengan seleksi mandiri jalur rapor bagi S1. Bedanya ini diberikan untuk calon mahasiswa UB yang memilih program vokasi tanpa jalur tes. Seleksi akan berdasarkan nilai rapor serta prestasi akademik dan non-akademik yang sesuai ketentuan.

Selain itu, ada tambahan persyaratan di Prodi D3 Keuangan Perbankan dan Bidang Minat Perbankan, seperti berpenampilan menarik (good looking), tinggi badan, dan berat badan yang sesuai. Terkait persyaratan good looking, hal itu merupakan persyaratan dari bank yang bekerja sama dengan UB.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More