10 Jurusan S1 Tanpa Matematika yang Bisa Jadi Referensi Daftar SNBP 2024

Jum'at, 16 Februari 2024 - 06:44 WIB

5. Seni Musik



Jurusan ini tidak memiliki unsur pelajaran Matematika karena lebih terfokus pada pembelajaran teori musikal dan artistik serta mengembangkan kreativitas dan kepekaan dalam seni musik.

Contoh PTN yang menyediakan jurusan Seni Musik, misalnya, Institut Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Semarang, dan Universitas Negeri Malang.

6. Ilmu Hukum



Jurusan Ilmu Hukum juga tidak memiliki unsur pelajaran Matematika karena lebih terfokus pada sistem hukum dan peraturan yang mempengaruhi masyarakat, misalnya hukum pidana, hukum bisnis, hukum internasional, hukum konstitusi, dan lainnya.

PTN yang menyediakan jurusan Ilmu Hukum, antara lain, Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, Universitas Gadjah Mada, Universitas Sebelas Maret, Universitas Brawijaya, dan Universitas Padjadjaran.

7. Ilmu Komunikasi



Ilmu Komunikasi juga tidak memiliki unsur pelajaran Matematika karena fokus pembelajaran tentang komunikasi serta keterampilan-keterampilan dalam mengelola informasi dan berkomunikasi secara efektif.

PTN yang menyediakan jurusan Ilmu Komunikasi, antara lain, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga, Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro, Universitas Sebelas Maret, Universitas Padjadjaran, Universitas Pendidikan Indonesia.

8. Ilmu Politik



Jurusan ini mempelajari fenomena politik dalam masyarakat, termasuk sistem politik, partisipasi politik, konflik politik, kebijakan publik, hubungan internasional, dan lain sebagainya.

Contohnya PTN yang menyediakan jurusan Ilmu Politik, misalnya Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga, Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro, Universitas Sebelas Maret, Universitas Padjadjaran.

9. Arkeologi



Jurusan Arkeologi mempelajari sejarah manusia melalui penelitian terhadap benda-benda yang ditinggalkan oleh peradaban masa lalu. Contohnya PTN yang menyediakan jurusan Arkeologi, misalnya Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Udayana, Universitas Hasanuddin, Universitas Halu Oleo

10. Antropologi



Jurusan ini mempelajari tentang pengkajian tentang cara manusia bertindak, berpikir, dan berinteraksi di masyarakat dalam lingkup agama, bahasa, politik, ekonomi, kesenian dan sebagainya. PTN yang menyediakan jurusan Antropologi antara lain Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Padjadjaran.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More