Mau Sukses di Masa Depan? Ini 6 Tips Memilih Jurusan Kuliah S2 Secara Tepat

Senin, 26 Februari 2024 - 13:50 WIB


3. Ketahui kelebihan dan kekurangan diri sendiri



Kamu perlu memastikan bahwa jurusan tersebut sesuai dengan potensi diri. Potensi diri di sini berarti apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan kamu.

Contohnya, jika kamu merasa kurang mahir dalam ilmu eksakta, kamu bisa menjatuhkan pilihan pada jurusan S2 yang berkaitan dengan ilmu humaniora, contohnya ilmu komunikasi. Namun, berkaitan dengan poin sebelumnya, jangan lupa mencocokkan program tersebut dengan tujuan karier kamu.

4. Pelajari kurikulum yang ditawarkan jurusan pilihan



Apabila kamu sudah mendapatkan gambaran tentang tipe jurusan yang cocok bagi tujuan karier dan potensi diri, sekaranglah saatnya mengerucutkan pilihan.

Pertama, mulailah dengan mempelajari apa saja mata kuliah yang akan dipelajari dalam sebuah program studi di setiap universitas. Lalu, lanjutkan dengan peminatan yang tersedia, jika ada.

Setelah memperoleh kedua informasi tersebut, bandingkan dengan apakah kurikulum tersebut bisa memenuhi kebutuhan kamu terhadap ilmu dan kemampuan yang diperlukan dari karier impian

5. Perhatikan persyaratan jurusan S2



Umumnya, jurusan S2 tertentu memberlakukan beberapa syarat untuk para calon mahasiswanya agar mereka bisa menjalani kegiatan perkuliahan dengan lebih lancar. Salah satu yang paling sering muncul adalah calon mahasiswa harus merupakan lulusan dari program yang linier atau serupa dengan jurusan pilihan mereka.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More