Pendaftaran PPDB 2024 di Jakarta Dimulai Hari Ini, Akun Harus Terverifikasi dan Teraktivasi

Senin, 10 Juni 2024 - 08:50 WIB
Wali siswa calon peserta didik baru mengajukan pembuatan akun Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SD Grogol Selatan 08, Jakarta, Senin (20/5/2024). Foto/Arif Julianto
JAKARTA - Penerimaan Peserta Didik Baru ( PPDB ) 2024 di DKI Jakarta dimulai hari ini, Senin (10/6/2024). PPDB tersebut untuk tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dan PPDB Bersama.

Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta mengingatkan kepada orang tua maupun Calon Peserta Didik Baru (CPDB) untuk memastikan akun pendaftaran sudah terverifikasi dan teraktivasi.

"Pastikan CPDB sudah memiliki akun yang terverifikasi dan teraktivasi agar dapat memilih sekolah tujuan," tulis akun Instagram diskdikdki beberapa waktu lalu.



Wakil Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Purwosusilo meminta peserta didik dan orang tuanya untuk memperhatikan betul terkait jadwal pendaftaran untuk masing-masing jalur.

"Kepada masyarakat tenang, nggak usah panik, ikuti PPDB sesuai dengan jadwalnya," ujar Purwosusilo, Minggu (9/6/2024).



Purwosusilo mengimbau agar masyarakat yang mengalami kendala saat proses pendaftaran secara online mendatangi posko terdekat. "Posko terdekat itu di semua satuan pendidikan negeri, SD, SMP, SMA, SMK negeri yang terdekat dengan tempat tinggal masing-masing," pungkasnya.

Diketahui, Dinas Pendidikan DKI Jakarta membuka PPDB pada 10 Juni - 4 Juli 2024. Berbeda dengan pendaftaran pada tahun sebelumnya, pendaftaran tahun ini akan dilaksanakan secara online seluruhnya.

Terdapat tiga jalur penerimaan untuk masing-masing tingkatan SD hingga SMA/SMK yakni Jalur Zonasi, Jalur Afirmasi (Anak Penyandang Disabilitas), Jalur PTO (Perpindahan Tugas Orang Tua/Wali) dan Anak GTK (Guru/Tenaga Kependidikan).

Jalur zonasi, jalur afirmasi, dan PPDB Bersama tahap pertama dibuka pada 10-12 Juni 2024 untuk setiap satuan pendidikan (SD, SMP, SMA, dan SMK). Sedangkan untuk Jalur PTO dan GTK dibuka lebih lama yakni 10-25 Juni 2024 di setiap satuan pendidikan.

Perlu diketahui, SD di Jakarta memiliki daya tampung sebesar 95.673 orang. Kemudian tingkat SMP memiliki daya tampung 71 ribu orang dengan Calon Peserta Didik Baru (CPDB) 151 ribu orang (hanya 47 persen daya tampungnya). Sedangkan SMA, daya tampungnya hanya 20.130 orang dengan CPDB di angka 39.141 orang (hhanya 35 persen daya tampung).
(zik)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More