7 Contoh Teks Laporan Hasil Obervasi tentang Tumbuhan dan Ciri-Ciri Penulisannya

Rabu, 14 Agustus 2024 - 09:41 WIB
Bagian ini menjelaskan manfaat atau fungsi dari objek yang diamati, baik dari segi ekonomi, sosial, atau lingkungan. Ini mencakup informasi tentang bagaimana objek tersebut digunakan atau kontribusinya terhadap kehidupan sehari-hari.

7 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Tumbuhan

1. Tumbuhan Jagung: Tanaman Pangan Penting dengan Segudang Manfaat



Pernyataan Umum

Jagung (Zea mays) adalah salah satu tanaman pangan utama yang banyak dibudidayakan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Tumbuhan ini memiliki peran penting sebagai sumber karbohidrat dan bahan baku berbagai produk olahan. Jagung dapat tumbuh di berbagai jenis tanah dan iklim, menjadikannya tanaman yang fleksibel dan produktif.

Deskripsi Bagian

Tumbuhan jagung memiliki beberapa bagian penting yang mendukung pertumbuhannya. Batang jagung tegak dan kokoh, dengan ketinggian bervariasi antara 1,5 hingga 3 meter, tergantung pada varietasnya. Daunnya panjang dan berbentuk seperti pita dengan tepi yang kasar.

Baca juga: 5 Contoh Teks Eksposisi dalam Bahasa Jawa untuk Berbagai Tema, Siswa Simak Ya



Di sepanjang batang, terdapat ruas-ruas tempat daun dan tongkol jagung berkembang. Tongkol jagung, yang merupakan tempat biji jagung tumbuh, tersembunyi di balik kelobot atau pembungkus tongkol yang berlapis-lapis.

Biji jagung tersusun rapi dalam barisan pada tongkol, dan warna bijinya dapat bervariasi dari kuning, putih, merah, hingga ungu, tergantung pada jenisnya. Akar jagung terdiri dari akar serabut yang tumbuh dari pangkal batang, yang berfungsi untuk menyerap air dan nutrisi dari tanah.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More