Cerita Livenia Evelyn Kurniawan, Paskibraka Pembawa Baki Bendera Pusaka HUT ke-79 RI di IKN

Sabtu, 17 Agustus 2024 - 13:29 WIB
"Dari SD, saya sudah aktif mengikuti ekstrakurikuler Paskibraka dan upacara di sekolah," ujarnya. Cita-cita ini akhirnya terwujud ketika ia berhasil lolos seleksi Paskibraka tingkat kota hingga nasional.

Seleksi yang diikuti Livenia tidaklah mudah. Dari seleksi di tingkat kota hingga provinsi, ia harus melalui serangkaian tes fisik, wawasan kebangsaan, dan parade.

Baca juga: Jokowi Kukuhkan 76 Anggota Paskibraka 2024 di IKN, Ini Nama-namanya

"Puji Tuhan, saya bisa lolos ke tingkat provinsi dan menjadi salah satu perwakilan Kalimantan Timur yang mengikuti verifikasi ulang di Jakarta," katanya.

Kegigihan dan semangatnya berbuah manis. Pada 22 Juni , Livenia menerima kabar bahwa ia lolos seleksi akhir dan resmi menjadi Paskibraka nasional.

Mengharumkan Nama Kalimantan Timur di Panggung Nasional



Di balik kesuksesannya, Livenia juga harus menghadapi berbagai tantangan. Sebagai anggota OSIS di sekolahnya, ia harus pintar membagi waktu antara kegiatan sekolah dan latihan Paskibraka.



Foto/YouTube Sekretariat Presiden.

"Saya sempat kaget saat pemanasan kami disuruh angkat tangan selama 100 detik. Lumayan pegal, tapi saya anggap itu sebagai latihan mental," tuturnya menceritakan salah satu pengalaman tak terlupakan saat pelatihan.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More