75 Madrasah Terpilih Jadi Sampel PISA 2025

Rabu, 28 Agustus 2024 - 08:33 WIB
Sidik menambahkan bahwa partisipasi dalam PISA merupakan langkah strategis untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia dan mencetak generasi emas di masa depan.

Baca juga: Dihantam Pandemi Covid-19, Peringkat Indonesia di PISA 2022 Naik



Sidik juga berharap agar persiapan dan pelaksanaan PISA 2025 berjalan dengan baik, seraya mengajak seluruh pihak untuk bekerja dengan penuh semangat dan dedikasi demi masa depan pendidikan yang lebih baik.

Kepala Pusat Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek, Asrijanty, menjelaskan bahwa PISA 2025 akan menguji tiga domain utama: literasi membaca, matematika, dan sains, serta satu domain inovatif, yaitu pembelajaran dalam dunia digital. PISA 2025 akan menjadi studi ke-9 sejak pertama kali dilaksanakan pada tahun 2000.

Anindito Aditomo, Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek, menekankan pentingnya persiapan yang matang agar pelaksanaan PISA 2025 dapat berjalan lancar tanpa kendala teknis. Persiapan tersebut mencakup penyiapan data murid, infrastruktur, dan simulasi aplikasi PISA.

Diketahui, dikutip dari laman Kemendikbudristek, hasil PISA 2022 menunjukkan peringkat hasil belajar literasi Indonesia naik 5 sampai 6 posisi dibanding PISA 2018. Literasi membaca, peringkat Indonesia di PISA 2022 naik 5 posisi dibanding sebelumnya. Untuk literasi matematika, peringkat Indonesia di PISA 2022 juga naik 5 posisi, sedangkan untuk literasi sains naik 6 posisi,
(nnz)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More