10 Contoh Teks Argumentasi Beserta Strukturnya, Mudah Dipahami

Senin, 02 September 2024 - 10:46 WIB

3. Kemerdekaan



Kemerdekaan merupakan hak asasi setiap bangsa yang harus dijunjung tinggi dan dihormati. Hal ini adalah suatu kondisi di mana sebuah negara atau bangsa bebas dari segala bentuk penjajahan dan campur tangan asing.

Hak untuk merdeka membuka peluang bagi sebuah negara untuk mengatur dirinya sendiri sesuai dengan kehendak rakyatnya, menciptakan sistem pemerintahan yang sesuai dengan nilai-nilai dan budaya lokal, serta berperan aktif dalam hubungan internasional.

Kemerdekaan juga menjadi landasan bagi pembangunan suatu bangsa, memungkinkan masyarakat untuk mengembangkan potensi, menciptakan inovasi, serta mencapai kemajuan dan kesejahteraan bersama. Oleh karena itu, kemerdekaan adalah modal berharga dalam mencapai cita-cita keadilan, perdamaian, dan kemajuan yang berkelanjutan.

4. Sampah



Permasalahan yang paling besar dihadapi Indonesia saat ini adalah sampah karena sudah tidak terkontrol lagi. Ada plastik, yang menjadi salah satu di antara banyak kendala yang sangat berpengaruh besar bagi Indonesia. Perlu adanya langkah efektif yang bisa memangkas jumlah sampah plastik ini.

Sampah yang tidak terkontrol menimbulkan banyak bencana seperti banjir, masyarakat masih banyak membuang sampah sembarangan. Maka, perlu adanya pendidikan mengenai sampah dan cara membuang sampah dengan baik supaya tidak salah. Pemerintah pun perlu memberi sanksi tegas jika ada masyarakat yang membuang sampah sembarangan.

5. Pengelolaan Taman Nasional Komodo



Taman Nasional Komodo saat ini tengah terancam karena adanya rencana pembangunan Taman Nasional Premium di Pulau Komodo. Rencana tersebut mengancam berbagai aspek mulai dari ekonomi dan pariwisata, konservasi, sampai dengan tata ruang hidup masyarakatnya. Lembaga konservasi di Indonesia pun melayangkan protes dan belum lama ini direspons oleh UNESCO. Tanggapan tersebut diberikan oleh UNESCO pada sidang Komite Warisan Dunia Ke-44 berlokasi di China.

Menilik beberapa tahun terakhir, Taman Nasional Komodo terus menerus dalam keadaan terancam karena model pembangunannya yang berdampak buruk untuk konservasi. Tidak hanya itu, sejumlah kasus penyelundupan komodo dan daging rusa serta pencurian terumbu karang turut memperburuk keadaan dan ekosistem di daerah tersebut.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More