10 Contoh Teks Fiksi Berbagai Tema Beserta Strukturnya, Cocok untuk Tugas Sekolah

Jum'at, 13 September 2024 - 16:01 WIB
Orientasi:

Sebuah kisah terdapat 3 sekawan yang sering menghabiskan waktu bersama dengan menggunakan sepeda di sore hari. Mereka terdiri dari Wahyu, Dondon dan Tono. Mereka bertiga selalu mencoba untuk menjelajahi dan berkelana di setiap sore hari.

Urutan Kejadian:

Suatu sore, mereka mencoba untuk mencari rute baru untuk dijelajahi di sebuah kompleks rumah dan ide ini dari usulkan dari Tono. Pada awalnya, Tono ditentang oleh Dondon, sebab ibunya melarang untuk berpergian jauh dari kompleks mereka. Tetapi adanya desakan dari Wahyu dan Tono, mereka pun melancarkan aksinya. Rupanya mereka tidak mengetahui apa akibat dari aksi tersebut

Tak lama, ada seekor anjing yang dipelihara dekat pabrik terlepas dari pengikatnya yang mengakibatkan anjing itu mengejar mereka bertiga. Kemudian, mereka dengan sekuat tenaga mengayuh sepedanya untuk berusaha menjauh dari anjing tersebut. Pada akhirnya mereka pun selamat dari kejaran anjing.

Reorientasi:

Berdasarkan kisah mereka pembaca mendapat pesan yaitu patuhilah apa yang sudah dikatakan orang tua, sebab anak-anak tidak akan mengetahui apa yang terjadi setelah tidak mengikuti apa kata orang tua tersebut. Selain itu, setiap perbuatan memiliki konsekuensi.

5. Contoh Teks Fiksi tentang Perjuangan Seorang Siswa



Orientasi:

Sebuah desa terpencil terdapat seorang siswa yang hidupnya jauh dari kata modern. Anak itu bernama Firman, ia memiliki kehidupan yang sederhana dan tinggal bersama kedua orang tuanya. Meski daerah terpencil dan tidak ada internet, mereka tetap bahagia untuk tetap tinggal di rumah tersebut.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More