10 Contoh Teks Fiksi Berbagai Tema Beserta Strukturnya, Cocok untuk Tugas Sekolah

Jum'at, 13 September 2024 - 16:01 WIB
Setelah itu, Dayang Sumbing mencari cara untuk mengakhiri pernikahannya. Jika ia ingin menikahi dirinya, maka Sangkuriang harus mengarungi sungai Citarum dan membuat penyeberangan sungai besar harus diselesaikan sebelum fajar menyingsing.

Sangkuriang menyanggupi hal tersebut dan dibantu oleh para makhluk ghaib. Rupanya Dayang Sumbing mengintip atas pekerjaan Sangkuriang yang hampir selesai. Kemudian Dia memperintahkan pasukannya untuk menggelar kain merah di sebelah timur kota agar terlihat terang.

Melihat hal itu Sangkuriang mengira hari sudah pagi dan ia pun marah besar. Ia pun menendang sampan buatannya tersebut dengan kekuatannya hingga sampan raksasa tersebut tiba di sebuah gunung yang akhirnya gunung tersebut diberi nama Tangkuban Perahu.

Reorientasi:

Kisah di atas memberikan sebuah pesan bahwa menikahi ibu sendiri adalah hal yang dilarang dalam agama dan norma masyarakat. Cerita di atas juga penting sebagai pengingat untuk mengendalikan amarah.

7. Contoh Teks Fiksi tentang Melestarikan Budaya Lokal



Orientasi:

Kakek Wayan, seorang pembuat topeng Bali yang sudah berumur, khawatir keahliannya akan punah karena generasi muda lebih tertarik pada teknologi modern.

Urutan Kejadian:

Suatu hari, cucu Kakek Wayan bernama Putu, mengunjunginya dan tertarik pada proses pembuatan topeng. Pak Wayan mengajarkan Putu seni pembuatan topeng, sementara Putu membantu kakeknya untuk memasarkan karyanya secara online. Dengan adanya kolaborasi lintas generasi ini tidak hanya menyelamatkan warisan budaya, tetapi juga membawa kesejahteraan baru bagi komunitas pengrajin lokal.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More