Mengenal Teks Nonfiksi, Struktur dan 10 Contohnya Berbagai Tema

Jum'at, 13 September 2024 - 17:01 WIB
Teluk Minamata dikenal akan tragedi mengerikan yang disebabkan bahan kimia merkuri yang pernah terjadi di Jepang, tepatnya Kota Minamata.

Insiden ini memakan banyak korban jiwa dan berlangsung sejak 1932.

Urutan Kejadian:

Sejarah diawali dengan aktivitas industri kimia yang rutin membuang sekitar 200 hingga 600 ton limbah merkuri ke Teluk Minamata. Kemudian, merkuri ini menginfeksi perairan teluk dan sekitarnya. Pada akhirnya membuat masyarakat sekitar terkena dampak limbah ini.

Pada 1956 terjadi keanehan yang dialami masyarakat sekitar Kota Minamata, seperti mengalami kelumpuhan, kanker, gangguan saraf dan kematian. Setelah dilakukan penelitian, ternyata penyebab masalah ini berasal dari infeksi saluran perairan Teluk Minamata dan penyakit ini disebabkan oleh zat kimia merkuri.

Reorientasi:

Pemerintah Jepang mengungkapkan tercatat lebih dari 1.700 orang meninggal akibat dari insiden kelalaian tersebut. Pelaku dari kejadian pembuangan ilmiah yang dilakukan oleh PT Chisso di Teluk Minamata.

5. Contoh Teks Nonfiksi tentang Archimedes



Orientasi:

Archimedes merupakan salah satu penemu yang berhasil menemukan ilmu matematika. Ilmuwan ini lahir di Sirakusa, Pulau Sisilia pada 287 SM. Archimedes seorang ilmuwan berbangsa Yunani Kuno dan terkenal akan kepintarannya.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More