Mengenal Metode Penelitian Kuantitatif, Jenis, Tahapan, dan Contohnya, Mahasiswa Wajib Tahu

Sabtu, 21 September 2024 - 06:57 WIB

Jenis Metode Penelitian Kuantitatif



Menurut Imam Santoso dan Harries Madiistriyatno dalam buku Metodologi Penelitian Kuantitatif, jenis atau macam metode penelitian kuantitatif terdiri atas deskriptif, korelasi, komparatif, kausal komparatif, survei, inferensial, dan eksperimen

1. Deskriptif

Metode deskriptif merupakan metode penelitian yang digunakan untuk menjelaskan kondisi atau situasi yang sedang terjadi saat ini. Tujuannya adalah untuk memberikan gambaran yang jelas tentang keadaan suatu fenomena atau peristiwa yang sedang berlangsung pada saat penelitian dilakukan.

2. Korelasi

Metode korelasi adalah teknik yang digunakan dalam tahap evaluasi untuk mengukur sejauh mana perubahan dalam suatu variabel berkaitan dengan perubahan dalam variabel yang lain. Tujuannya adalah untuk menentukan seberapa kuat hubungan antara variasi dam satu faktor dan variasi dalam faktor yang lainnya.

3. Komparatif

Metode komparatif merupakan suatu teknik yang dilakukan untuk membandingkan dua perlakuan atau lebih dalam suatu variabel, maupun beberapa variabel sekaligus. tujuan dari metode ini adalah untuk mengidentifikasi perbedaan antara beberapa peristiwa, situasi, dengan melihat semua elemen dalam penelitian saling berhubungan.

4. Kausal Komparatif

Kausal komparatif atau metode ex-post facto merupakan teknik yang digunakan dalam evaluasi untuk mengetahui kemungkinan hubungan sebab akibat. Tahap yang dapat dilakukan adalah dengan mengamati terhadap faktor-faktor penyebabnya dan mencari kemungkinan dari variabel penyebabnya.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More