Mengenal Metode Penelitian Kuantitatif, Jenis, Tahapan, dan Contohnya, Mahasiswa Wajib Tahu

Sabtu, 21 September 2024 - 06:57 WIB
5. Survei

Metode survei berfungsi untuk melakukan evaluasi dalam membuat data menjadi lebih sistematis, faktual, dan akurat terhadap fakta dan sifat populasi atau wilayah tertentu. Selain itu metode ini juga digunakan untuk mengumpulkan atau memperoleh informasi dari populasi yang jumlahnya besar.

6. Inferensial

Penelitian Inferensial merupakan salah satu jenis metode dari kuantitatif statistika, yang menganalisis hubungan antar variabel dengan menguji hipotesis. Metode ini juga mempertimbangkan kemungkinan kesalahan dalam proses pengambilan kesimpulan.

7. Eksperimen

Terakhir adalah metode penelitian eksperimen, yang dilakukan untuk menguji keefektivitasan suatu variabel. dengan tujuan untuk memperoleh informasi yang merupakan perkiraan yang diperoleh dari data sebenarnya.

Metode eksperimen terbagi menjadi dua, yaitu semu dan sungguhan. Semu, digunakan untuk memperoleh informasi yang merupakan perkiraan yang dapat diperoleh dari data sebenarnya. Sedangkan eksperimen sungguhan, digunakan dalam evaluasi untuk mengkaji kemungkinan hubungan sebab akibat.

Tahapan Membuat Penelitian Kuantitatif



Menurut Sugiyono, terdapat delapan langkah yang perlu dilakukan untuk dapat melakukan penelitian dengan metode kuantitatif.

1. Identifikasi Masalah
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More