Pengguna Media Sosial yang Bijak Terhindar dari Penyebaran Berita Palsu

Rabu, 09 Oktober 2024 - 17:40 WIB
Dari sudut pandang berbeda, Ketua Umum PB PMII Shofiyulloh Cokro mengingatkan pentingnya pemahaman cyberbullying atau perundungan maya sebagai tantangan yang dihadapi oleh generasi muda. Cyberbullying dapat menimbulkan menurunnya rasa percaya diri, kesehatan mental, isolasi sosial, dan trauma hingga ingin bunuh diri.

”Ketergantungan terhadap media digital yang meningkat, berpotensi menurunkan tingkat kesehatan mental (mental health). Data Chilfund 2022 menunjukkan hampir 60 persen anak dan remaja mengaku pernah menjadi korban cyberbullying. Sedangkan 50 persen anak dan remaja mengaku pernah menjadi pelaku cyberbullying,” jelas Shofiyulloh Cokro.

Sementara, menurut Direktur LKP Mitra Ilmu Tulungagung Khotibul Umam, kreativitas dan inovasi di media sosial dibutuhkan untuk menciptakan konten positif yang mendidik, inspiratif, dan mampu mendorong kolaborasi antara pengguna.

”Gunakan media sosial untuk menyebarkan informasi yang bermanfaat dan menginspirasi perubahan positif. Kampanyekan isu sosial, lingkungan dan kesehatan, serta ajak teman dan pengikut untuk berpartisipasi dalam kegiatan positif,” ujar Khotibul Umam.
(wyn)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More