7 Tips Belajar ala Xaviera Putri, Peserta CoC dari KAIST

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 09:30 WIB

2. Journaling



Tips berikutnya yang sangat membantu Xaviera adalah Journaling. Dalam videonya, ia melalukan strategi journaling ini menggunakan applikasi digital. Kebiasaan journaling ini sangat membantu Xaviera dalam melatih time management.

Setiap malam, ia akan mencatat jadwal kegiatan yang akan dilakukan keesokan harinya, mulai dari jadwal kuliah hingga jadwal kegiatan harian.

3. Short but Frequent Rewards (hadiah kecil namun sering)



Strategi ini dilakukan Xaviera agar tetap fokus dan tidak cepat merasa jenuh saat belajar. Biasanya, ia memberi self-reward secara singkat namun rutin disela-sela kegiatan belajarnya. Hal ini membuatnya lebih semangat dan menjaga fokus dalam proses belajar.

4. Nyicil is Power



Alih-alih belajar ketika mendekati ujian, Xaviera memilih mempersiapkan diri dengan mencicil belajar materi sejak dua minggu sebelum ujian dimulai. Dengan cara ini, saat mendekati ujian, ia hanya perlu fokus review ulang yang telah dipelajari dan latihan soal.

5. Ganti Suasana



Ketika merasa sudah merasa jenuh belajar di tempat yang sama, Xaviera akan memanfaatkan waktu istirahat dalam teknik Pomodoro untuk merenggangkan badan atau berpindah tempat. Mendapatkan suasana belajar baru akan membantunya merasa kembali segar dan kembali fokus dalam belajar.

6. Hari Kreatif

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More