Dampingi Anak Sekolah Tatap Muka Saat Pandemi, Orang Tua Harus Siapkan Ini

Senin, 10 Januari 2022 - 18:07 WIB
Ada 6 hal yang bisa menjadi upaya bagi orang tua dalam membantu anaknya mengikuti proses belajar tatap muka di tengah masa pandemi yang belum usai sepenuhnya.

1. Bahas Secara Detail dan Terbuka Semua informasi Tentang Sekolah Tatap Muka

Hal pertama yang harus dilakukan orang tua terkait dengan sekolah tatap muka adalah mengajak anak berdiskusi mengenai pandangan, perasaan, harapan, atau keinginan mereka tentang sekolah tatap muka.

Terlebih dahulu sampaikanlah informasi berdasarkan berita yang aktual dan dapat dipercaya mengenai perkembangan terkini pandemi Covid-19. Hal tersebut sangat membantu anak dalam membangun rasa percaya diri mereka untuk mengikuti sekolah tatap muka tanpa adanya rasa takut dan khawatir.

2. Menyiapkan Perlengkapan yang Dibutuhkan

Yang terpenting ketika anak mengikuti proses belajar tatap muka adalah orang tua perlu menyiapkan perlengkapan pendukung untuk melindungi anak dari penularan Covid-19, seperti masker atau face shield, hand sanitizer, bekal makanan dan minuman yang bernutrisi dari rumah, peralatan makan dan minum sendiri, dan perlengkapan alat tulis.

Selain perlengkapan fisik, perlengkapan tambahan lain seperti materi belajar dan latihan soal tambahan online juga dibutuhkan siswa. Misal, melalui aplikasi Pahamify siswa akan mendapatkan akses ke video belajar bersama guru yang berpengalaman, pembahasan soal, sampai mengikuti tryout untuk menguji kesiapan masuk ke perguruan tinggi negeri favorit!

3. Menjaga Protokol Kesehatan

Kembali melakukan PTM saat pandemi tentunya berbeda dengan kondisi seperti biasanya sebelum adanya pandemi. Untuk itu perlu adanya upaya dari orang tua dengan menyampaikan kepada anak tentang pentingnya menerapkan protokol kesehatan terutama mengingatkan mereka untuk mematuhi kebiasaan 3M, yaitu mencuci tangan, mengenakan masker, dan menjaga jarak selama berada di sekolah dan di tempat umum lainnya.

4. Memastikan Kondisi Imun Anak untuk Tetap Baik
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More