Calon Mahasiswa, Ini 17 Jurusan Teknik yang Paling Dibutuhkan Dunia Kerja

Senin, 21 Februari 2022 - 08:24 WIB
2. Teknik Mesin

Hampir semua hal saat ini menggunakan mesin untuk efisiensi atau juga untuk memaksimalkan produksi. Para mahasiswa yang suka dengan permesinan akan mempelajari prinsip-prinsip fisika yang akan diimplementasikan pada analisis, desain, manufaktur, dan pemeliharaan mesin. Materi tentang mekanika, kinematika, teknik material dan termodinamika juga akan diperdalam disini.

Lulusan dari prodi ini akan sangat dibutuhkan di berbagai macam industri, mulai dari manufaktur, teknologi, otomatif, pertambangan, dan sebagainya.

3. Teknik Industri

Teknik industry tidak hanya akan mempelajari seluk-beluk mesin manufaktur, tetapi juga tentang sistem manajemen sebuah industri. Prospek kerjanya luas mulai dari industry kecil hingga besar. Baik di divisi spesialisasi teknik industri, divisi produksi, divisi engineering, divisi perencanaan biaya, hingga HRD.

4. Teknik Elektro

Mahasiswa Teknik Elektro akan mempelajari aplikasi dan pemanfaatan listrik dalam kehidupan sehari-hari. Jurusan ini pun dipecah ke dalam beberapa konsentrasi dan memiliki cakupan yang sangat luas. Berkat keahlian di bidang kelistrikkan, banyak lulusan Teknik Elektro yang membidik industri-industri tenaga listrik besar, seperti Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) atau Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU). Bekerja di industri telekomunikasi, perminyakan dan gas, otomotif, hingga perusahaan bertaraf multinasional juga bisa menjadi pilihan.

5. Teknik Nuklir

Teknik Nuklir merupakan jurusan yang mempelajari ilmu inti atom dengan menggunakan prinsip-prinsip Fisika Nuklir dan interaksi antara radiasi dan material sebagai dasarnya. Nuklir tak hanya digunakan untuk bom atom saja, melainkan juga bisa dimanfaatkan untuk bidang medis, pembangkit listrik, dan energi.

Prospek kerja di bidang ini bisa dibilang cukup menjanjikan. Mulai dari perusahaan pertambangan, perminyakan, dan perusahaan yang bergerak di bidang energi seperti PLN, PLTN, Pertamina, Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), dan sebagainya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More