Menuju PTN-BH, UT Kejar Target 1 Juta Mahasiswa

Sabtu, 12 Maret 2022 - 12:12 WIB
Rektor UT Prof Ojat Darojat. Foto/Tangkap layar YouTube UT
JAKARTA - Universitas Terbuka ( UT ) saat ini sedang bertransformasi menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH). Seiring dengan perubahan status ini UT juga akan mengejar target 1 juta mahasiswa .

Rektor UT Prof Ojat Darojat mengatakan, melalui perubahan status menjadi PTN-BH maka penyediaan sumber daya manusia akan menjadi lebih mandiri. Dirinya mengatakan, target 1 juta mahasiswa bisa tercapai melalui PTN-BH.

"Sekarang mahasiswa UT semakin bertambah dan dalam rangka mencapai 1 juta ada strategi dan tahapan yang kita tempuh," katanya di sela FGD Transformasi UT menuju PTN-BH yang digelar luring dan daring.

Baca: Calon Maba, Ada Prospek Kerja Menarik untuk Lulusan Teknologi Pendidikan

Saat ini jumlah mahasiswa UT mencapai 346.088. Tantangan untuk mencapai jumlah mahasiswa 1 juta mahasiswa pernah dilontarkan Menteri Riset Teknologi Pendidikan Tinggi periode 2014-2019 Prof Mohamad Nasir kepada UT.

Oleh karena itu, untuk menjawab tantangan tersebut UT pun gencar berbenah dan melakukan berbagai upaya. Salah satu ikhtiar yang dilakukan adalah bertransformasi menjadi PTN-BH.

Menurut Prof Ojat, UT sebagai subjek hukum PTN-BH juga akan memiliki keleluasaan dalam tata kelola organisasi. Tidak hanya dalam pengelolaan keuangan dan pengelolaan aset namun juga otonomi di bidang akademik.

"Dengan demikian penyediaan sumber daya manusia pun akan menjadi lebih mandiri. Harapan ke depan jika telah menjadi PTN-BH UT akan semakin diterima, dicintai dan semakin sukses melayani masyarakat," harapnya.

Baca juga: Sukses Komersialisasikan Inovasi, IPB University Beri Royalti untuk 9 Inovator

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More