Hari Pertama UTBK 2022, Kampus UI Salemba Sediakan 229 Komputer

Selasa, 17 Mei 2022 - 10:54 WIB
Fasilitas komputer di Kampus UI Salemba untuk UTBK 2022. Foto/Dok.SINDOnews/Bachtiar Rojab.
JAKARTA - Universitas Indonesia ( UI ) turut menjadi Pusat Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SBMPTN ) 2022. Salah satu lokasi ujiannya yakni Kampus UI Salemba yang tercatat menyediakan 229 komputer.

Disediakan pula 27 komputer cadangan yang turut dipersiapkan guna menunjang jalannya UTBK 2022. Adapun di Kampus UI Salemba, UTBK dilaksanakan di Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Sekolah Ilmu Lingkungan, serta Sekolah Kajian Stratejik dan Global. UI juga menyediakan lokasi khusus bagi peserta penyandang disabillitas.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI, Abdul Haris mengatakan, UI yang menjadi salah satu Pusat UTBK juga turut memberikan kesempatan kepada 35 peserta disabilitas yang terdiri atas 12 peserta tunanetra dan 23 peserta difabel untuk mengikuti UTBK di Fasilkom.

“Kami membentuk panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) untuk mengatur dan mendukung pelaksanaan UTBK agar berjalan sebagaimana mestinya. Untuk itu, kami berterima kasih kepada Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) yang mempercayakan kami sebagai salah satu pusat pelaksaanaan UTBK,” ujar Abdul dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (17/5/2022).

Baca: Ketentuan Lengkap bagi Peserta UTBK 2022 di UI, Perhatikan Ya

Lebih lanjut, Abdul menerangkan, pelaksanaan UTBK dibagi menjadi dua gelombang, yaitu pada 17–23 Mei 2022 untuk gelombang pertama dan 28 Mei–3 Juni 2022 untuk gelombang kedua. Agar tidak terjadi kerumunan, UI membagi UTBK menjadi dua sesi, yakni sesi pertama pada pukul 06.45–12.00 WIB dan sesi kedua pada pukul 13.00–16.45 WIB.

"Sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19, UI memberlakukan protokol kesehatan yang ketat bagi peserta ujian. Mereka diminta sudah berada di lokasi UTBK satu jam sebelum ujian. Jika diantar orang tua atau pengantar lainnya, peserta hanya di drop di lokasi agar tidak terjadi kerumunan," Kepala Biro Humas dan KIP UI Amelita Lusia.

Lebih lanjut, adapun beberapa aturan terkait teknis jalannya UTBK yakni, peserta wajib sudah vaksin Covid-19 minimal dosis kedua. Bagi peserta yang baru mendapat dosis pertama, wajib melampirkan Swab Antigen yang berlaku 1x24 jam atau hasil tes PCR yang berlaku 3x24 jam. Sedangkan, bagi peserta yang belum divaksin, wajib melakukan tes PCR dan membawa surat keterangan dokter yang menerangkan alasan tidak/belum divaksin.

Baca juga: UTBK 2022 Berlangsung di Masa Pandemi, Begini Protokol Kesehatan yang Berlaku

Peserta UTBK juga harus memiliki suhu tubuh kurang dari 37,3 derajat Celsius dan dalam keadaan sehat. Untuk memasuki lokasi ujian, peserta harus memindai barcode dengan aplikasi PeduliLindungi.Hanya peserta dengan kategori hijau yang boleh memasuki ruangan.

Para peserta juga wajib menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker medis, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Sebelum UTBK dimulai, kelengkapan persyaratan ujian akan dicek, meliputi kartu tanda peserta ujian, kartu identitas (KTP/SIM), dan fotokopi ijazah yang telah dilegalisasi.

Terakhir, peserta dilarang membawa makanan dan minuman ke dalam ruangan selama UTBK. Bagi peserta yang berbuat kecurangan, tim panitia akan mengeluarkan peserta dari ruang ujian.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(nz)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More