3 Jurusan Langka yang Hanya Ada di IPB University, Referensi SNPMB 2023

Kamis, 26 Januari 2023 - 14:23 WIB
loading...
A A A
Prodi ini berada di bawah Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat (SKPM). Tertulis pada laman skpm.ipb.ac.id, Departemen SKPM IPB termasuk dalam program studi sarjana dengan peminat terbanyak di IPB, yakni menduduki peringkat kelima. Departemen SKPM IPB juga sudah terakreditasi A dari BAN PT serta terakreditasi internasional dari AUN QA.

Para lulusannya diharapkan memiliki kompetensi utama dalam merancang dan menerapkan metode komunikasi pengembangan masyarakat untuk pemberdayaan masyarakat, dan kompetensi pendukung dalam menerapkan ilmu komunikasi dan penyuluhan pembangunan.

Kemudian menerapkan ilmu kependudukan, agraria, dan ekologi pembangunan, dan mampu menerapkan ilmu sosiologi pedesaan dan pengembangan masyarakat sebagai ilmu sosial lintas batas dari sosiologi, antropologi, psikologi, kependudukan, dan ekologi manusia.

Selain itu juga bisa menghasilkan riset-riset komunikasi dan pengembangan masyarakat yang dapat diterapkan dan memberdayakan masyarakat secara sosial, ekonomi, dan politik.

Baca juga: Calon Mahasiswa UGM, Begini Skema Bantuan Keringanan UKT yang Perlu Kalian Tahu

2. Statistika dan Sains Data

Mengutip laman fmipa.ipb.ac.id, merespon kebutuhan masyarakat akan pentingnya sains data untuk berbagai kepentingan, mulai Tahun Akademik 2020/2021, IPB University membuka peminatan sains data pada program studi Statistika dan Sains Data untuk program Sarjana, Magister dan Doktor.

Dibukanya prodi ini di IPB University mengikuti jejak berbagai perguruan tinggi dunia seperti Stanford, University of Houston, Yale, Monash dan Eidenburgh yang telah memiliki program studi Statistika dan Data Science.

Kompetensi utama yang diharapkan dari lulusan S1 Statistika dan Sains Data ini ialah membentuk tenaga ahli statistika yang mampu merumuskan masalah, mampu menganalisis data, mampu menyajikan hasil analisis, menguasai prinsip dasar statistika.

Selain itu juga mampu berkomunikasi dengan praktisi bidang terapan, serta mampu menerapkan ilmu statistik dalam pengumpulan, pembangkitan, pengolahan, penyajian, dan analisis data untuk penarikan kesimpulan secara sah.

3. Ilmu Keluarga dan Konsumen
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1797 seconds (0.1#10.140)