6 Universitas Tertua di Pulau Jawa, Nomor Terakhir Sejak 1849

Kamis, 02 Februari 2023 - 15:01 WIB
loading...
A A A
Saat itu, tujuan pendirian TH dimaksudkan guna memenuhi kebutuhan tenaga teknik yang terbatas akibat pecahnya Perang Dunia. Pada perkembangannya, perguruan tinggi ini juga beberapa melakukan pergantian nama.

Barulah pasca kemerdekaan Indonesia, diresmikan berdirinya Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 2 Maret 1959 oleh pemerintah yang dilandasi semangat proklamasi serta wawasan ke masa depan.

3. Universitas Airlangga (UNAIR)

Universitas tertua di Pulau Jawa berikutnya adalah UNAIR. Mengutip laman resminya, cikal bakal pendirian perguruan tinggi ini berawal dari lembaga pendidikan Nederlands Indische Artsen School (NIAS) dan School Tot Opleiding van Indische Tandartsen (STOVIT) yang dibentuk kolonial Hindia Belanda pada 1913 dan 1928.

Pada perkembangannya, barulah pada 10 November 1954, Universitas Airlangga diresmikan bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan.

Baca juga : Inilah Deretan Universitas Katolik Tertua di Indonesia

4. Universitas Islam Indonesia (UII)

Universitas Islam Indonesia (UII) didirikan pada 27 Rajab 1364 H atau 8 Juli 1945 dengan nama Sekolah Tinggi Islam (STI) di Jakarta. Mengutip laman resminya, saat itu pendiriannya didasarkan pada cita-cita tokoh nasional akan pentingnya pendidikan tinggi bagi masyarakat pribumi.

Pada perkembangannya, STI berubah menjadi Universitas Islam Indonesia dan berkedudukan di Yogyakarta pada 14 Desember 1947. Adapun fakultas perintisnya di antaranya adalah Fakultas Agama, Hukum, Pendidikan, dan Ekonomi.

5. Institut Pertanian Bogor (IPB)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1678 seconds (0.1#10.140)