9 Kesalahan Fatal yang Bisa Gagalkan Kamu Lolos SNBP 2023

Jum'at, 17 Februari 2023 - 06:20 WIB
loading...
A A A
Bagi kamu yang sudah berjuang sekeras itu, ikut lomba sana sini dan jadi juara, boleh banget, lho, sertifikat tersebut dilampirkan saat mendaftar SNBP. Sertifikat prestasi ini bisa jadi bahan pertimbahan untuk menembus SNBP serta nilai tambah dari peserta lainnya.

Mengutip laman kamusundip.com, sertifikat atau piagam penghargaan yang dapat dilampirkan tidak lebih dari tiga tahun sejak kamu mendapatkannya. Lampiran piagam dan sertifikat ini berpengaruh terhadap penilaian proses seleksi SNBP. Umumnya, piagam atau sertifikat setara tingkat nasional dan internasional memiliki bobot nilai yang lebih baik.

Baca juga: Apakah Universitas Pertahanan Ikatan Dinas atau Sekolah Kedinasan?

7. Asal pilih jurusan

Pilih jurusan yang sesuai dengan bakat dan minat adalah wajib diutamakan. Jangan memilih jurusan karena ikutan teman atau karena disuruh orang tua atau guru. Setelah benar-benar yakin dengan pilihanmu, baru pertimbangkan daya tampung dan keketatan jurusan.

Apabila nilai rapor kalian tidak begitu bagus, kalian bisa mencari alternatif jurusan lain yang sesuai dengan nilai kamu. Jangan langsung menyerah, atau memilih jurusan sepi peminat yang sebenarnya kurang kamu sukai.

Nilai mata pelajaran yang terus meningkat juga bisa jadi acuan kamu dalam memilih jurusan, lho. Lihat nilai mata pelajaran apa yang paling stabil dan meningkat dari semester 1 hingga 5.

8. Deadliner/daftar mendekati deadline

Jadwal SNBP sudah keluar sejak beberapa minggu yang lalu. Artinya, kamu sudah diberikan cukup waktu untuk mempersiapkan semuanya dari jauh-jauh hari. Mendaftar mendekati deadline akan membuat kamu panik dan terburu-buru, sehingga sangat mungkin terjadi kesalahan dalam pengisian.

Ingat pula bahwa yang mendaftar SNBP itu bukan kalian saja melainkan ratusan ribu siswa dari penjuru Indonesia. Bisa saja terjadi kendala teknis seperti server down saat banyak orang mengakses website di ujung waktu pendaftaran.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1304 seconds (0.1#10.140)