Cerita Mahasiswa ITB Raih IISMA ke Estonia, Wajib ke Kampus Meski Badai Salju

Jum'at, 24 Februari 2023 - 08:54 WIB
loading...
A A A
Berbagai pengalaman dan manfaat Alwan dapatkan melalui program IISMA ini. Pengalaman paling Alwan rasakan yaitu mendapatkan banyak teman. Sederhana memang tetapi hal itu merupakan fakta yang menjelaskan mitos bahwa akan sulit mendapatkan teman di luar negeri.

Berteman dengan banyak orang dari berbagai negara dan saling bertukar pikiran, dia pun bisa memiliki cara pandang baru untuk melihat dunia. Tak hanya itu, kemampuan berbahasa Alwan pun terlatih dengan baik.

Selain itu, dia juga mendapatkan pengetahuan baru terkait akademik karena berkuliah di jurusan Political Science and Asian Studies yang sangat berbeda dari yang dipelajarinya di Mikrobiologi ITB.

“Melalui IISMA aku jadi sangat terbuka terkait apa yang sedang terjadi di dunia, terutama di ranah politik dan pemerintahan serta sejarah peradaban manusia,” tutur Alwan.

Alwan berpesan, “Jika mempunyai mimpi ke luar negeri, kejarlah. Dengan itu, kalian bisa mendapatkan berbagai hal yang tidak mungkin didapatkan di tempat kalian berada sekarang," ujarnya.

"Mulai dari hal-hal kecil seperti bertemu orang dari seluruh dunia, belajar bahasanya sedikit-sedikit, mencoba makanannya, hingga belajar budaya dari mereka dan mengerti tentang sudut pandang pemikiran mereka," pungkasnya.
(nnz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1592 seconds (0.1#10.140)